17 Maret 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Makin banyaknya kesibukan dan aktivitas suatu individu serta macetnya jalanan diperkotaan menjadikan bekerja di rumah sebagai sebuah trend baru. Hal ini membuat banyak orang memilih bekerja dari rumah untuk efesiensi waktu, uang dan tenaga. Tak hanya itu, kecanggihan teknologi juga seakan turut mendukung munculnya trend pekerja lepas yang bekerja di rumah seperti pengusaha atau freelancer. Hanya dengan membuat ruang kerja di rumah, orang-orang seperti ini dapat bekerja di rumah dengan lebih baik dan produktif dibandingkan harus pergi ke kantor dan menerobos kemacetan.

Sesuai dengan namanya, ruang kerja berfungsi sebagai area untuk melakukan pekerjaan professional. Keberadaan ruang kerja di rumah berfungsi sebagai setting mood dan nuansa sehingga lebih fokus dan produktif dalam bekerja walau dari rumah. Ruang kerja dapat dimiliki oleh siapapun yang bijak, memiliki banyak pekerjaan serta menginginkan efisiensi waktu dan ruangan tersendiri untuk bekerja di rumah seperti misalnya pengusaha dan pebisnis, freelancer, tenaga pendidik (guru dan dosen), ilmuwan atau dokter, arsitek, pengacara, konsultan, psikolog dan psikiater, youtuber, influencer, dan lainnya yang berkutat dengan telepon, komputer dan berkas-berkas.

Penempatan ruang kerja juga perlu dipikirkan secara matang. Tak hanya penempatan, perabotan seperti furniture dan artwork juga perlu dipertimbangkan dengan baik sesuai kebutuhan. Hal yang tak kalah penting, style atau gaya ruang kerja juga perlu didekorasi dan di tata dengan baik karena berperan penting dalam mempengaruhi suasana ruang, mood serta produktivitas orang yang bekerja di dalamnya. Sebaiknya gunakanlah jasan interior desain Emporio Interior untuk mendapat perencanaan desain interior ruang kerja yang baik.

Berikut adalah 12 ide desain interior ruang kerja modern minimalis yang nyaman dan berestetika.

1. Bergaya modern minimalis yang mewah

Bergaya modern minimalis yang mewah

Bergaya modern minimalis serta nyaris terlihat futuristik, itulah kesan yang didapatkan saat melihat desain interior ruang kerja milik Bapak Frangky di Jakarta ini. Adanya backdrop dengan sentuhan lighting pada dinding serta penggunaan plafon gypsum up-ceiling yang juga dilengkapi lighting memberi kesan mewah, modern dan futuristik yang memberi ilusi dan memperjelas dimensi.

2. Ruang kerja nyaman dengan reading nook

Ruang kerja nyaman dengan reading nook

Desain interior ruang kerja yang satu ini cocok orang yang memerlukan private space sehingga lebih tenang dan fokus dalam bekerja. Keberadaan karpet serta reading nook pada desain interior ruang kerja milik Bapak Calvin di Jakarta ini tentunya mampu membuat ruangan ini terasa nyaman.

3. Desain ruang kerja bagai perpustakaan pribadi

Desain ruang kerja bagai perpustakaan pribadi

Sekilas, gambar diatas terlihat seperti perpustakaan pribadi. Jangan salah, gambar ini merupakan desain interior ruang kerja milik Bapak Agus di Balikpapan. Interior ruang kerja dengan rak buku, meja-kursi kerja, karpet dan sofa seperti ini tentu disamping terasa nyaman juga terkesan mewah dan berkelas.

4. Penggunaan dark tone yang maskulin dan elegan

Penggunaan dark tone yang maskulin dan elegan

Desain interior ruang kerja milik Bapak Guntur di Pandeglang, Banten ini menggunakan warna-warna bernuana dark tone seperti cokelat gelap dan hitam yang terkesan maskulin dan elegan. Interior ruang kerja dengan sofa, karpet dan bukaan besar yang memperlihatkan view seperti ini sangat cocok bagi pebisnis, pengusaha atau pejabat karena mampu menunjukkan wibawa.

5. Ruang kerja untuk pasangan workaholic

Ruang kerja untuk pasangan workaholic

Desain interior ruang kerja dengan 2 buah meja kerja dan 2 buah kursi yang diletakkan berdampingan ini sangat cocok bagi para workaholic couple. Dengan demikian, tidak ada lagi pasangan yang menjadi kurang harmonis karena masalah pekerjaan jika ruang kerjanya pun disamping meningkatkan produktivitas juga mampu mempererat hubungan pasangan kekasih.