11 Februari 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Terdapat berbagai pilihan style desain interior di seluruh dunia. Tiap style tentunya memiliki ciri, nuansa serta karakter masing-masing. Bagi orang awan mungkin akan terasa sulit untuk menentukan serta membedakan tiap style sehingga lebih sulit lagi untuk mewujudkannya. Karenanya, peranan seorang interior designer penting untuk merancang konsep interior serta desain custom furniture.

Berikut adalah lanjutan artikel mengenai 12 konsep desain interior yang sedang tren dan cocok dijadikan inspirasi interior Anda.

7. Victorian

victorian

Konsep desain interior victorian kerap digunakan pada bangunan-bangunan Eropa. Konsep ini identik dengan kemegahan dan warna-warna mewah, seperti putih gading dan emas. Ukiran rumit dengan banyak lekukan di tampilkan pada desain furniturnya. Desain lampu yang digunakan biasanya lampu yang menempel pada dinding atau lampu kristal yang digantung. Penggunaan style ini pada interior mampu memunculkan kesan mewah bak interior istana atau rumah para bangsawan Eropa. Contohnya, Anda dapat mendekor interior kamar tidur Anda menggunakan konsep victorian seperti pada gambar desain interior karya Emporio Interior diatas.

8. Vintage

vintage

Konsep vintage tidak selalu menampilkan hal-hal kuno. Tampilan interior vintage biasanya lebih banyak menggunakan warna-warna lembut seperti putih, hijau muda, abu-abu, dan kuning yang terlihat cantik dan manis. Pada sarung bantal, atau bahan pelapis sofa terdapat sentuhan motif bunga-bunga kecil. Untuk memunculkan konsep vintage pada interior, Anda dapat mengekspose dinding bata serta menggunakan plafond kayu dan perabot berbahan kayu. Konsep vintage pada interior mampu memberi kesan hangat sehingga terasa lebih cozy.

9. Bohemian

bohemian

Untuk konsep bohemian memiliki ciri berupa penggunaan karpet dan kain-kain yang meramaikan interior ruangan. Konsep ini biasanya menggunakan warna yang lebih banyak serta tampilan yang bermotif. Kunci konsep bohemian adalah tabrak warna serta penggunaan banyak motif dan bentuk. Tidak ada peraturan khusus pada konsep bohemian ini sehingga Anda dapat menambahkan berbagai perabotan atau menggantung bermacam-macam artwork di dinding.

10. Mediteranian

mediteranian

Desain interior mediteranian ini lebih menampilkan kesan mewah dan cenderung mahal. Bentuk kaca dan jendela didesain melengkung dengan furniture berukuran besar dan dilapisi kain bermotif sehingga membuat tampilan interior semakin indah. Meja dan kursi juga dibuat dengan banyak pahatan serta pada lantai menggunakan material marmer atau granite tile. Secara keseluruhan, konsep mediteranian identik dengan bentuk lengkung serta kesan mewah yang cenderung old school. Contohnya, Anda dapat mendekor interior ruang tamu Anda menggunakan konsep mediteranian seperti pada gambar desain interior karya Emporio Interior diatas.

11. Minimalis

minimalis

Interior dengan konsep minimalis sebenarnya mirip seperti konsep modern dengan penyederhanaan serta penggunaan warna-warna natural yang ringan. Tiap furniture pada konsep minimalis dibuat sesederhana dan sefungsional mungkin. Point utama style ini adalah fungsionalitas dan adanya garis-garis lurus yang rapi. Oleh karena itu, interior ruangan yang menggunakan konsep minimalis seringkali terasa ‘kosong’ karena minimnya artwork, permainan warna serta variasi furniture.

12. Classic

classic

Desain interior classic ini mampu menampilkan kesan mewah dan mahal dengan penggunaan warna gold, silver dan putih. Tak hanya itu, pada konsep classic digunakan juga elemen yang memiliki kesan ‘bling-bling’ dan ‘wah’ seperti chandelier kristal maupun lilin. Pada dinding umumnya menggunakan wallpaper motif atau finishing batu alam seperti granite tile atau marmer. Contohnya, Anda dapat mendekor interior ruang keluarga Anda menggunakan konsep classic seperti pada gambar desain interior karya Emporio Interior diatas.

Tiap konsep mampu memberi nuansa dan gaya tersendiri pada interior ruangan Anda. Untuk mewujudkan konsep-konsep ini pada interior ruangan tentunya tidak mudah sehingga perlu ditangani oleh tenaga ahli seperti interior designer. Emporio Interior hadir sebagai penyedia jasa interior designer terbaik, professional dan berpengalaman yang siap merancang interior rumah Anda dengan berbagai style pilihan. Segera hubungi kami via WhatsApp untuk konsultasi dan booking jasa desain interior. Bersama Emporio Interior, wujudkan interior impian Anda.