10 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah dengan tampilan interior yang indah dan nyaman. Walau tata dan desain interior sering diremehkan, namun kini banyak yang menyadari pentingnya mendesain dan menata interior rumah se-baik dan se-nyaman mungkin, terlebih sejak adanya penyebaran virus corona awal tahun 2020 ini. Setelah berbulan-bulan dihimbau untuk stay at home dan melakukan social distancing dengan membatasi diri keluar rumah, kini banyak orang menyadari pentingnya memiliki rumah dengan tata interior yang bagus, apalagi jika pencahayaannya juga sempurna sehingga suasana rumah pun terasa nyaman, mewah dan tidak membosankan. Karenanya pada artikel kali ini Emporio Interior akan memberi 3 tips bagi Anda yang ingin memiliki rumah dengan suasana interior yang nyaman dan indah hanya dengan tata pencahayaan sehingga low-budget tanpa merenovasi ruangan.

1. Hias interior ruangan dengan berbagai tipe lampu

Hias interior ruangan dengan berbagai tipe lampu

Sebelumnya sudah pernah dibahas bahwa pada satu ruangan setidaknya perlu memiliki 2 hingga 3 jenis pencahayaan buatan, entah itu task light, accent light maupun ambient light. Jika Anda ingin memiliki rumah dengan suasana interior yang nyaman, maka hadirkan berbagai tipe lampu pada satu ruangan, seperti chandeliers, wall sconces lights, pendants lights, recessed lights, floor/table lamps dan task lights. Anda bisa mencontoh tata lampu gambar diatas, dimana pada interior ruang tengahnya terdapat recessed light pada plafon, floor lamp dengan penyangga yang cukup tinggi di pojok ruangan sebelah TV, pendants lights diatas meja makan dan task lighting pada counter dapur.

2. Pilih tipe lampu sesuai tempat dan tujuannya

Pilih tipe lampu sesuai tempat dan tujuannya

Agar tata pencahayaan berperan dalam menghadirkan suasana nyaman sekaligus tampilan estetik pada interior rumah, maka hadirkan lampu sesuai dengan tempat dan tujuannya. Anda dapat memberi wall sconces lights pada koridor agar tidak terkesan seram, pendants lights diatas meja makan, task lights pada meja kerja atau samping tempat tidur serta floor lamps dan chandelier pada ruang keluarga. Adanya layering cahaya tentu membuat suasana interior lebih nyaman dan indah.

3. Atur perletakan lampu agar pas secara estetika

Atur perletakan lampu agar pas secara estetika

Setelah siap membeli dan menghadirkan berbagai variasi lampu pada tiap ruangan, maka terakhir aturlah perletakan lampu agar pas secara estetika sehingga terlihat indah dan wah. Untuk pendants lights yang diletakkan berderet sepanjang meja makan, atur agar ketinggiannya sekitar 30 inch diatas permukaan meja makan. Sedangkan untuk lampu gantung seperti chandelier, jarak dari lampu ke lantai setidaknya 7 kaki atau sekitar 213 cm.

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 3 tips menata pencahayaan untuk suasana interior rumah yang sempurna. Dengan menata lampu dan pencahayaannya, maka Anda bisa memiliki rumah dengan suasana interior yang nyaman dan tampilan yang lebih upgrade hanya dengan budget yang minim jika dibandingkan dengan melakukan renovasi interior keseluruhan. Namun jika Anda merasa hal itu tidak cukup dan ingin merenovasi tampilan interior keseluruhan, maka gunakan saja jasa Emporio Interior.