22 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa bukaan seperti jendela perlu diberi tirai. Tak hanya mampu memfilter cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah sehingga tidak silau, keberadaan tirai juga berguna sebagai dekorasi yang mampu mempercantik interior ruangan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya pada artikel Emporio Interior mengenai rupa-rupa tirai jendela, ada banyak sekali jenis tirai. Tiap jenis tirai tentunya memiliki daya tarik tersendiri serta memiliki teknik penempatannya sendiri agar lebih estetis. Oleh karenanya, pada artikel kali ini Emporio Interior akan membahas 3 tips penempatan tirai agar interior hunian tampak lapang dan lebih berkelas.

  1. Atur ketinggian tirai

Pertama, aturlah ketinggian tirai. Jangan meletakkan batang atau rel tirai tepat diatas jendela. Agar mendapat ilusi ruang dengan plafond yang lebih tinggi, maka letakkan batang atau rel tirai sekitar 4-6 cm diatas jendela. Akan lebih baik lagi jika letaknya mepet dengan plafond.

  1. Atur lebar tirai

Selanjutnya, aturlah lebar tirai. Lebar yang dimaksud disini adalah lebar batang atau rel tirai. Jangan sampai lebar batang atau rel tirai berdekatan atau pas dengan ukuran lebar jendela. Gunakan batang atau rel tirai yang lebarnya melebihi lebar jendela sehingga tirai tidak menutupi jendela saat ditarik ke samping. Hal ini memberi ilusi ruangan yang lebih lapang, seolah-olah jendela berukuran lebih besar daripada yang seharusnya.

  1. Atur panjang tirai

Terakhir, aturlah panjang tirai. Jangan bersikap pelit dengan membeli tirai yang pendek atau pas dengan ukuran jendela. Belilai tirai yang panjang melambai sehingga menyentuh walau walaupun jendela yang Anda miliki hanya setengah dari panjang tirai. Penataan yang demikian dapat membuat ruangan tampak lebih luas dan lapang dengan tampilan yang lebih berkelas dan elegan.

Sudahkah Anda mempraktekkan ketiga tips diatas pada interior rumah Anda? Jika Anda membutuhkan jasa desain interior, gunakanlah jasa desain interior professional seperti Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, beri sentuhan estetik pada interior hunian Anda.