12 Mei 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tidak semua orang berprofesi sebagai home desaigner, tapi semua orang pastinya ingin memiliki rumah yang nyaman dengan tata ruang serta tampilan interior yang indah dan tertata rapi. Oleh karenanya, tak jarang banyak orang yang mencoba-coba mendekor interior rumah secara mandiri dengan mempelajari tips dari buku, internet maupun dari youtube. Sebelum Anda bermain peran sebagai pro home designer, ingatlah 4 hal berikut sebelum mendekor interior rumah.

  1. Declutter

Bagi yang merasa asing dengan istilah ini, declutter dalam terjemahan bahasa Indonesia yang paling bebas berarti membuang, merapihkan dan menata ulang. Declutter adalah metode untuk menyingkirkan atau membuang barang yang tidak diperlukan dan hanya menyimpan barang yang benar-benar diperlukan. Tips melakukan declutter adalah dengan membuang barang yang sudah tidak digunakan selama lebih dari 6 bulan atau yang terlihat sudah cukup berdebu karena berarti Anda tidak membutuhkannya lagi.  Secara sederhana, dengan menerapkan declutter berarti Anda perlu terbiasa hidup dengan sedikit barang, konsepnya hampir serupa dengan metode Konmari. Dengan cara ini, berarti interior rumah Anda dapat terasa lebih lapang dan rapi sehingga penghuninya dapat merasa lebih bahagia dan tenang.

  1. Balance

Untuk tampilan interior yang mewah dan berestetika, perhatikan juga keseimbangan antara bentuk, warna, pola dan tekstur. Dengan memperhatikan keserasian hal-hal tersebut, maka mata dapat merasa ‘tenang dan fresh’ karena keseimbangan tampilan interior ruangan. Perlu diingat bahwa keseimbangan yang dimaksud tersebut mengenai bantuk, warna, pola dan tekstur sehingga tak masalah jika visual interiornya tampak asimetris asal seluruh elemennya seimbang.

  1. Lighting

Pencahayaan terutama pencahayaan buatan memainkan peran penting dalam mengatur mood ruangan. Pencahayaan dapat membuat ruangan tampil jauh lebih baik atau lebih buruk. Oleh karena itu, pintar-pintarlah merencanakan pencahayaan. Gunakan beberapa jenis pencahayaan yang di layer pada satu ruangan untuk menampilkan kesan interior yang tampak mewah.

  1. Focal Point

Focal point merupakan hal yang paling penting dalam ranah desain. Untuk menampilkan focal point, hadirkan suatu hal pada ruangan yang cukup mencolok dan mampu menarik perhatian. Anda dapat menghadirkan karya seni seperti patung atau lukisan, furnitur dengan bentuk unik dan warna menarik atau decorative wall.

Demikian tadi 4 hal yang perlu diingat saat mendekor interior rumah like a pro home designer. Tentunya, mendekor dan merancang desain interior rumah bukanlah hal yang mudah, terlebih jika dilakukan oleh orang awam. Untuk itu, jangan asal coba-coba jika tidak ingin membuang banyak uang, waktu dan tenaga. Gunakanlah jasa desain interior professional yaitu Emporio Interior.