11 Februari 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Bukan rahasia lagi jika suatu ruangan memerlukan pembatas dengan ruang lainnya jika ingin menciptakan suasana yang lebih privat. Pembatas juga berfungsi untuk membedakan nama dan fungsi antar ruang. Partisi merupakan alternatif jika ingin menambah ruang dan membuat kesan privat pada ruangan. Tapi jika tidak dipertimbangkan dengan cermat, keberadaan partisi justru dapat membuat hunian terasa lebih sempit karena interior yang terasa penuh. Maka dari itu, Anda harus teliti memilih jenis partisi sehingga mampu memperindah interior ruangan.

Berikut adalah 5 jenis partisi yang digunakan di Emporio Interior.

1. Partisi Bata

partisi bata

Partisi bata merupakan jenis partisi yang paling umum ditemui. Partisi bata bersifat permanen. Partisi ini dapat menampilkan bata expose maupun diplester dan difinishing sehingga tampak seperti dinding biasa. Jika ingin menambah detail yang mampu menambah nilai estetika, maka pada dapat ditambahkan tempelan ornament atau batu-batu alam. Contohnya seperti pada desain rumah bergaya modern tropis milik Bapak Mayor di Jimbaran, Bali ini. Terdapat partisi bata yang di finishing dengan batu alam pada ruang tengahnya yang menjadikan interior ruangan tampak lebih estetis.

2. Partisi Kayu

partisi kayu

Partisi berbahan kayu merupakan salah satu jenis partisi yang paling sering digunakan pada desain interior ruangan karya Emporio Interior. Penggunaan partisi berbahan kayu mampu memberi kesan hangat pada ruangan serta membuat interior terasa natural dan nyaman. Partisi kayu juga mampu menambah nilai estetika jika model dan motifnya divariasikan. Terdapat beberapa motif ornament pada partisi kayu yang dapat menjadi pilihan atau ide partisi di rumah Anda. Contohnya pada desain interior ruang tamu milik rumah Ibu Chris dan Bapak Andrew di Jakarta ini, terdapat bilah kayu yang di susun berderet dengan sudut tertentu sehingga mampu menghalangi pandangan tamu secara langsung ke ruang tengah, menjadikannya lebih privat.

partisi kayu

Lain lagi dengan model partisi pada desain interior rumah Bapak Budi di Bekasi. Pada interior ruang keluarga digunakan model partisi kayu yang dibuat menyerupai bentuk ranting pepohonan sehingga terlihat estetik disamping memenuhi fungsinya yaitu sebagai pembatas antara ruang tamu dengan ruang keluarga.

partisi kayu

Ide partisi berbahan kayu lainnya pada interior ruangan adalah dengan menghadirkan rak kayu yang diletakkan melintang diantara ruangan. Dengan demikian, rak tersebut dapat berfungsi ganda yaitu sebagai tempat penyimpanan atau memajang barang serta sebagai partisi. Jenis partisi rak kayu seperti ini digunakan pada desain interior rumah Bapak Tim dan Ibu Villa di Bintaro, Jakarta Selatan. Jenis partisi seperti ini tergolong fleksibel sehingga mudah dipindahkan.

3. Partisi Plat Logam

Partisi Plat Logam

Desain interior ruang tamu pada rumah Ibu A di Jakarta pada gambar diatas menggunakan partisi berbahan plat logam. Partisi berbahan plat logam juga cukup sering digunakan oleh interior designer di Emporio Interior. Hal ini dikarenakan bahan plat logam memungkinkan partisi memiliki lebih banyak variasi desain ornament sehingga lebih estetik. Tak hanya itu, partisi berbahan plat logam juga dapat diwarnai sehingga dapat blend lebih mudah dengan sekitarnya. Contohnya jika diwarnai dengan warna coklat, maka sekilas partisi plat logam dapat terlihat menyerupai kayu.

Partisi Plat Logam

Berbeda lagi dengan partisi pada desain interior ruang keluarga rumah Bapak Tjusnandar di Bangka Belitung. Pada desain interior ruang keluarga tersebut, partisi plat logam difinishing sehingga berwarna silver dan gold. Perpaduan warna ini pada partisi plat logam mampu memberi kesan luxury dan glamour pada interior ruangan.

Partisi Plat Logam

Karena mudahnya dibentuk serta desain ornament yang lebih variatif, maka partisi berbahan plat logam ini cukup digemari. Pilihan motif lengkung pada partisi plat logam dapat memberi sentuhan etnik dan tradisional pada ruangan, seperti pada desain interior ruang tamu rumah Ibu Rahmi di Tangerang. Keberadaan partisi plat logam berbentuk melengkung ini tampil bagaikan ukiran batik yang indah sehingga meningkatkan nilai estetika interior ruang tamu tersebut.

4. Partisi Kaca

partisi kaca

Partisi berbahan kaca juga merupakan salah satu pilihan partisi yang cukup umum digunakan. Penggunaan partisi kaca mampu memasukkan pencahayaan sekaligus view ke dalam ruangan. Selain itu, partisi berbahan kaca mampu membuat interior ruangan terasa lebih luas dan lapang. Contoh penggunaan partisi kaca terlihat pada desain interior ruang keluarga rumah Ibu Anggi di Cirebon. Pada desain rumah tersebut, keberadaan partisi kaca mampu menghadirkan view swimming pool dan plant wall serta membuat ruangan terasa lebih lega.

5. Partisi Bilah Besi

Partisi Bilah Besi

Partisi berbahan bilah besi cukup jarang digunakan namun dapat pula dijadikan pilihan. Penggunaan jenis partisi ini dapat dilihat pada desain interior lobby butik Ibu Erna di Bandung. Material bilah besi mampu memperkuat kesan modern pada butik bergaya modern tropis tersebut. Tak hanya itu, partisi bilah besi pada desain interior lobby butik Ibu Erna di Bandung ini juga digunakan untuk memperkuat struktur tangga sehingga tak hanya berfungsi sebagai pembatas serta penambah nilai estetika, namun juga sebagai penguat struktur tangga.

Selain 5 bahan partisi diatas, masih terdapat banyak sekali pilihan bahan yang dapat digunakan untuk partisi. Namun demikian, sejauh ini desain interior karya Emporio Interior hanya menggunakan 5 jenis partisi seperti yang telah disebutkan diatas. Hal ini dikarenakan Emporio Interior sebagai jasa desain interior terbaik di Indonesia selalu berusaha memberi yang terbaik dengan memikirkan budgeting klien sehingga tiap desain interior kami fungsional, ekonomis serta berestetika.