13 Juni 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tentunya tidak ada orang yang menginginkan kesalahan saat memilih sofa serta membuang-buang uang mereka, bukan? Namun kenyataannya, cukup banyak orang yang merasa menyesal belakangan saat membeli sofa karena ternyata tidak nyaman saat digunakan. Saat seseorang mengeluarkan uang lebih dan berinvestasi demi kenyamanan di rumah, hasilnya haruslah memuaskan dimana sofa terasa nyaman dan juga terlihat stylish.  Oleh karenanya, kali ini Emporio Interior akan berbagi ilmu mengenai 5 panduan untuk memilih sofa yang sempurna di rumah demi kenyamanan maksimal.

  1. Ukurlah ruangan

Pertama, ukurlah ruangan tempat Anda akan meletakkan sofa. Jangan hanya memperkirakan, namun ukurlah menggunakan meteran kemudian ingatlah panjang, lebar dan kedalaman atau ketebalan sofa yang diinginkan sesuai dengan dimensi ruangan. Rencanakan juga tata letak sofa serta perabot lainnya dalam ruangan tersebut.

  1. Ketahui material sofa

Selanjutnya ketahui material sofa. Sofa umumnya menggunakan kayu sebagai rangka atau frame sofa. Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara tiap material pada sofa agar saling terhubung satu sama lain karena hal ini dapat menentukan awet tidaknya serta mahal tidaknya suatu sofa.

  1. Tentukan tipe busa

Di luar estetika, terdapat berbagai tipe busa sofa dimana pemilihannya berdasarkan selera pengguna. Sofa yang baik dan berkualitas haruslah terasa empuk dan nyaman tapi juga kokoh sehingga bentuknya dapat utuh/bertahan dalam jangka waktu lama.

  1. Lihat kain pelapisnya

Jangan pernah memilih sofa hanya dari warna kain serta tampilan luarnya saja. Pilihlah sofa berdasarkan jenis kain pelapis seperti linen, kulit, polyester atau bahan lainnya. Hal ini dikarenakan jenis kain pelapis menentukan

  1. Pilih style sofa

Terakhir, pilih style sofa yang diinginkan. Sofa memiliki banyak style maupun bentuk. Perlu diingat bahwa Anda perlu memilih sofa yang sesuai dengan konsep serta tampilan interior ruangan serta ukuran ruangan sehingga sofa tidak tampak kebesaran atau kekecilan.

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 5 panduan untuk memilih sofa yang sempurna di rumah demi mendapat kenyamanan maksimal. Jika Anda berncana membeli atau mengcustom sofa baru, selalu ingat-ingatlah 5 panduan diatas sehingga Anda tidak salah memilih sofa. Dengan menerapkan 5 panduan ini, sofa Anda dijamin nyaman, berkualitas, stylish dan awet. Pokoknya, sempurna deh.