13 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Dalam setahun, ada banyak sekali momen yang terasa special dan dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga ataupun ‘menyambangi’ sanak saudara, teman dan tetangga. Beberapa momen yang terasa spesial yaitu tahun baru (entah itu tahun baru Imlek, tahun baru Hijriah, momen pergantian tahun dan lain sebagainya), lebaran dan Idul Fitri, Natal, Galungan dan Kuningan, hingga momen hari ulang tahun dan perayaan lainnya. Momen-momen tersebut pastilah akan terasa lebih special bila dirayakan bersama keluarga dan sanak saudara dimana seringkali menjadikan ruang keluarga sebagai area pusat untuk berkumpul bersama. Oleh karenanya, dekorlah interior ruang keluarga Anda terlebih dahulu untuk merayakan momen special saat berkumpul bersama keluarga. Berikut 5 tips simple mendekor interior ruang keluarga ala Emporio Interior.

1. Pilih material lantai yang nyaman dan stylish

Pilih material lantai yang nyaman dan stylish

Dari segi arsitektur dan interior, material lantai yang masuk kategori ini adalah parket kayu. Selain karena tekstur yang lebih empuk jika dibandingkan dengan keramik, warna dan serat kayu yang muncul pada lantai parket mampu memberi kesan hangat dan nyaman disamping memang terlihat lebih sylish dan mewah. Sayangnya, material penutup lantai yang paling sering digunakan pada hunian di Indonesia adalah keramik seperti marmer atau granit yang bertekstur keras. Namun jangan khawatir, untuk kenyamanan dan keamanan anak serta anggota keluarga saat berkumpul bersama, cukup hadirkan sebuah karpet besar dan empuk dengan motif yang stylish.

2. Perhatikan dekorasi pada jendela

Tambahkan tanaman

Apa yang lebih baik dari keberadaan jendela berukuran besar dengan view menarik pada ruang keluarga adalah jendela yang di ‘dandani’ sehingga tampil cantik. Jangan biarkan jendela tampak kosong sehingga merusak pandangan mata, bingkailah jendela dengan tirai. Untuk tampilan mewah dan elegan, kolaborasikanlah dua jenis tirai dengan warna berbeda.

3. Tambahkan tanaman

 Tambahkan tanaman

Untuk memberi nuansa segar dan nyaman pada ruang keluarga, maka jangan lupa untuk menghadirkan tanaman. Anda dapat meletakkan tanaman dalam vas bunga maupun pot bunga yang diletakkan di pojok ruangan. Tanaman gantung juga dapat dijadkan alternatif yang bagus.

4. Hias dengan artwork atau barang koleksi

Hias dengan artwork atau barang koleksi

Agar bagian dinding tidak tampak kosong dan boring, maka pajanglah berbagai hiasan berupa artwork atau rak yang memamerkan koleksi barang pribadi. Lukisan atau potret keluarga  serta karya seni berupa gambar atau prakarya buatan anak merupakan salah satu ide pajangan yang dapat dipertimbangkan untuk memunculkan nuansa friendly dan kekeluargaan di ruang keluarga.

5. Hadirkan media center sebagai focal point

Hadirkan media center sebagai focal point

Saat berkumpul d rumah bersama keluarga, maka kegiatan yang paling sering dilakukan adalah berbicang, makan bersama, menonton TV bersama atau bermain game bersama. Oleh karena itu, keberadaan media center seperti TV, DVD, sound speaker, playstation, nintendo, VR dan lainnya perlu dihadirkan pada ruang keluarga. Aturlah media center sedemikian rupa sehingga menjadi focal point yang tak hanya fungsional tapi juga indah dan berestetika tinggi.

Demikian 5 tips simple mendekor interior ruang keluarga untuk momen special ala Emporio Interior. Di tahun 2020 ini, momen kumpul keluarga seperti apakah yang Anda tunggu? Jika Anda ingin mengubah tampilan ruang keluarga, gunakan saja jasa desain interior terbaik yaitu Emporio Interior.