28 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Foyer adalah ruangan pertama yang terlihat setelah membuka pintu masuk utama hunian sehingga interior foyer perlu dirancang dengan baik agar kesan pertama rumah Anda pun baik. Jika foyer tidak didekor dengan baik, maka kesan pertama para tamu mengenai rumah Anda pun jadi buruk. Tak hanya itu, tampilan foyer juga memperlihatkan selera dan kepribadian pemilik rumah. Karenanya, jangan sampai Anda sekeluarga di cap berselera rendah oleh tamu hanya karena buruknya kesan pertama saat memasuki rumah Anda. Berikut 6 kesalahan dekor pada interior foyer yang harus Anda hindari.

1. Tidak menyesuaikan perabot dengan ukuran ruangan

tidsk menyesuaikan perabot dengan ukuran ruangan

Sebagai ruangan pertama yang dimasuki dan dilihat saat membuka pintu pintu rumah, keberadaan foyer cukup penting. Umumnya, pada foyer terdapat berbagai perabot yang dibutuhkan untuk membuat ruangan tersebut menjadi fungsional. Namun, banyak orang tidak mengetahui secara pasti mengenai ukuran ruangan dan besaran perabot yang dibutuhkan sehingga hanya membeli yang diinginkan. AKibatnya, seringkali foyer jadi terasa terlalu sesak dan sempit karena perabot yang digunakan terlalu besar. Solusinya, cobalah untuk menggunakan perabot yang lebih ramping agar foyer terasa lebih lega sehingga sirkulasi kluear-masuk rumah tidak terhalang oleh perabot.

2. Minim pencahayaan

minim pencahayaan

Memiliki foyer yang gelap adalah kesalahan klasik lain yang banyak ditemukan. Entah akibat minim cahaya karena tidak ada bukaan atau karena dinding yang dicat gelap, hasilnya tetap sama yaitu tidak bagus. Jangan sampai Anda sekeluarga dan tamu menjadi takut saat memasuki rumah Anda bahkan ingin segera pergi hanya karena kesan interior foyer yang gelap, suram dan menyeramkan. Oleh karenanya, pastikan foyer Anda dapat dimasuki cahaya alami, entah dari jendela di sekeliling pintu atau bukaan di dinding dan plafon. Tambahkan juga penerangan buatan berupa lampu dinding serta dekorasi yang cerah. Dengan demikian, interior foyer pun tidak terlihat suram.

3. Tidak ada tempat duduk

tidak ada tempat duduk

Apa yang biasa Anda lakukan saat tiba di rumah? Mungkin melepas sepatu dan duduk sejenak. Di luar negeri, orang umumnya juga menyimpan payung dan melepas jaket, coat maupun topi. Oleh karenanya untuk mengakomodasi aktivitas tersebut, keberadaan tempat duduk sangatlah penting. Pilihlah tempat duduk yang sesuai dengan ukuran ruang, yang penting fungsional. Jika ukuran foyer Anda kecil, maka bangku sederhana pun bisa menggantikan sofa sebagai tempat duduk. Asal ditata dengan baik, maka interior foyer Anda bisa terlihat estetik tanpa mengurangi fungsionalitasnya.

Demikian 3 dari 6 bagian mengenai kesalahan dekor pada interior foyer yang bisa membuat kesan pertama jadi buruk. Setelah mengetahui hal tersebut, diharapkan Anda tidak melakukan kesalahan yang sama pada foyer di rumah Anda. Jika Anda membutuhkan jasa interior desainer handal, maka gunakan saja jasa Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, pukau tamu yang berkunjung ke rumah Anda dengan memperlihatkan keindahan interior di segala penjuru rumah.