25 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Jika Anda membaca artikel sebelumnya, maka baca juga tulisan ini untuk mengetahui 3 bagian terakhir dari 6 kesalahan yang umum terjadi saat mendesain dan mendekor dapur serta solusi mudah untuk memperbaikinya agar Anda tidak melakukan kesalahan serupa.

4. Minimnya pencahayaan dan penghawaan

Minimnya pencahayaan dan penghawaan

Pencahayaan dan penghawaan memiliki dampak yang luar biasa pada dapur. Oleh karenanya, jangan sampai dapur Anda minim pencahayaan dan penghawaan. Cara paling murah dan mudah untuk memberi pencahayaan dan penghawaan yang baik pada dapur adalah dengan menghadirkan bukaan berupa jendela. Anda juga bisa mengakalinya dengan memberi exhaust fan dan layering lighting dengan menambahkan beberapa task lighting pada interior dapur. Dengan demikian, Anda dapat bekerja lebih nyaman dan aman di dapur karena adanya penerangan yang cukup sekaligus menghindari insiden terciumnya aroma masakan ke seluruh bagian rumah.

5. Tidak memanfaatkan ruang vertikal

Tidak memanfaatkan ruang vertikal

Kesalahan desain dapur lain yang bisa dihindari dengan mudah adalah tidak memaksimalkan ruang vertikal, terutama bagi dapur yang berukuran kecil. Agar dapur lebih fungsional dan tidak terkesan buang-buang tempat, maka manfaatkan ruang vertikal sebagai tempat penyimpanan. Anda dapat memasang lemari pada dinding yang memanjang hingga mencapai plafon. Padukan lemari tertutup dengan rak terbuka untuk menciptakan dapur yang lebih rapi, bersih dan menarik.

6. Pilihan warna yang kurang tepat

pilihan warna yang kurang tepat

Saat mendekor dapur, pastikan Anda sudah punya gambaran untuk konsep interiornya. Setelah itu, pilihlah peralatan dapur yang memiliki warna yang sesuai dengan konsep dan nuansa yang ingin dihadirkan pada interior dapur. Untuk dapur di rumah, jangan gunakan peralatan dapur yang serba abu-abu dan berbahan metal seperti dapur restoran. Selain tidak cocok, pilihan warna seperti itu hanya membuat dapur terkesan dingin dan kaku. Hindari menggunakan satu jenis warna di seluruh dapur, entah itu warna terang ataupun gelap. Sebisa mungkin hindari mendekor dapur dengan sesuatu yang tidak perlu, seperti menempelkan stiker bunga atau buah-buahan di cabinat kitchen, island table dan lain sebagainya. Ingatlah bahwa dalam tata interior, ‘Less is More’.

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 6 kesalahan yang umum terjadi saat mendesain dan mendekor dapur. Setelah mengetahui kesalahan serta solusi mudah untuk memperbaikinya, maka Anda terhindar dari kemungkinan melakukan kesalahan serupa. Jika Anda ragu dan takut jikalau melakukan kesalahan ketika mendekor interior dapur seorang diri, maka gunakan jasa Emporio Interior sebagai rekan interior desainer pro. Bersama Emporio Interior, upgrade tampilan dapur Anda.