11 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Jika berbicara tentang interior pada suatu ruangan, maka elemen ruang yang paling memungkinkan untuk di dekor adalah dinding. Diantara elemen ruang lainnya, dinding merupakan yang paling mudah serta paling memungkinkan untuk di hias, bahkan paling banyak memiliki variasi tata dekor jika dibandingkan plafon dan lantai. Selain bermain dengan ornamen, kombinasi material, warna cat dinding dan lainnya, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk menghias dinding. Berikut 7 cara cerdas mendekor dinding agar interior ruangan tidak terlihat boring versi Emporio Interior.

1. Gallery

gallery  - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Cara mudah pertama untuk menghias dinding adalah dengan menghadirkan gallery. Pajanglah beberapa foto yang ditata sedemikian rupa agar indah dipandang dan tampil layaknya pameran foto. Gallery dengan tema dan color palette serupa mampu menciptakan keindahan tersendiri. Bermainlah dengan berbagai ukuran frame foto agar gallery terkesan casual dan menyenangkan.

2. Cermin

cermin - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Keberadaan cermin di tengah-tengah dinding kosong mampu menghilangkan kesan boring pada interior ruangan. Agar terlihat lebih berestetika, pilihlah cermin dengan bentuk frame unik. Emporio Interior menyarankan cermin berbentuk bulat yang mampu menjadi daya tarik dinding.

3. Piring

piring  - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Tak hanya sebagai alat makan, piring dapat juga dijadikan hiasan dinding. Agar dinding tidak terkesan boring, hiaslah dengan menggantung piring klasik yang terkesan antik sehingga interior ruangan tampak estetik.

4. Artwork

artwork - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Cara lainnya untuk mendekor dinding agar tidak terasa ‘sepi’ adalah dengan menambahkan artwork.  Satu buah artwork dapat memberi nyawa pada sebuah dinding kosong. Oleh karena itu, hiaslah dinding dengan sentuhan artwork seperti rotan, kayu, patung, dan lain sebagainya.

5. Tanaman

tanaman - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Tak hanya diletakkan di pojok ruangan atau diatas meja, tanaman juga dapat dijadikan hiasan dinding lho. Anda dapat menghadirkan tanaman sebagai vertical garden di dinding atau dengan menggantung beberapa pot tanaman di dinding seperti pada gambar diatas.

6. Buku

buku - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Cara mudah lainnya untuk menghias interior ruangan adalah dengan memajang buku serta benda pajangan lainnya. Anda dapat menghadirkan rak buku berukuran besar atau rak buku berbentuk unik sebagai tempat meletakkan buku sekaligus menghias dinding.

7. Mural

mural - 7 Cara Cerdas Mendekor Dinding Agar Interior Ruangan Tidak Terlihat Boring

Selain wallpaper, Anda juga dapat menghias dinding dengan mural untuk mengisi kekosongan. Walau terbilang cukup sulit dilakukan, nyatanya mural mampu memberi sentuhan keindahan yang tidak biasa dan bernilai seni tinggi dibandingkan saat menggunakan wallpaper.

Demikianlah 7 cara cerdas mendekor dinding agar interior ruangan tidak terlihat boring versi Emporio Interior. Selain cara-cara tersebut diatas, Anda juga dapat menggunakan cara lain untuk menghias dinding, misalnya dengan permainan beberapa jenis material, memberi tampilan pattern, menghadirkan ornamen atau cara sederhana lainnya adalah dengan menggantung bentangan kain tapestry dengan pola dan warna yang indah pada dinding. Yang manakah yang Anda sukai? Jika Anda membutuhkan jasa interior desainer, jangan ragu untuk menggunakan jasa Emporio Interior ya.