22 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Bagi agen properti atau desainer, mewah tidaknya suatu hunian dapat dilihat dari ada tidaknya kolam renang serta tampilan kamar mandi dan dapur. Walau sering diabaikan orang awam, kenyataannya kamar mandi juga perlu didekor sebaik mungkin sehingga interiornya tampil menarik dan berkarakter. Namun, hati-hati saat mendekor interior kamar mandi karena jika salah, interior kamar mandi Anda justru terlihat turun level. Berikut 7 kesalahan dekor yang umum terjadi pada interior kamar mandi.

1. Menghadirkan permadani di kamar mandi

Menghadirkan permadani di kamar mandi

Memang belakangan ini ada trend desain interior yang menghadirkan permadani di kamar mandi. Namun, jujur saja kehadiran permadani tebal berukuran besar di kamar mandi justru terkesan too much. Air yang terendam atau tertampung di permadani justru bisa menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan kuman lainnya. Alih-alih meletakkan permadani di tengah kamar mandi, lebih baik jika Anda menghadirkan keset di depan pintu kamar mandi atau di dekat shower area dan bathtub lalu gantilah secara berkala agar senantiasa kering.

2. Hanya mengandalkan satu penerangan

Hanya mengandalkan satu penerangan

Kamar mandi tanpa tata interior dan pencahayaan yang baik pasti tampak gelap dan suram. Lihatlah gambar diatas. Walau interior kamar mandinya terbilang mewah, namun jika Anda hanya mengandalkan satu sumber cahaya saja, maka kamar mandi tetap terlihat menyeramkan, bukan? Oleh karenanya, jangan mengandalkan satu sumber penerangan walau intensitas cahayanya tinggi. Minimal gunakan 3 sumber pencahayaan (1 lampu di tengah ruangan, 1 lampu di shower area dan 1 lampu di dekat cermin) untuk membuat kamar mandi tampak lebih mewah.

3. Tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai

Tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai

Satu kesalahan yang paling umum dilakukan saat mendekor kamar mandi adalah mengabaikan tempat penyimpanan. Anda tentu menyimpan banyak batang di kamar mandi, mulai dari shampoo, sabun, sikat gigi, facial wash, handuk, skincare dan lain sebagainya. Agar interior kamar mandi tampak rapi dan bersih, maka Anda harus menyediakan tempat penyimpanan di sekitar washtafel, closet, bathtub dan shower area. Mengabaikan tempat menyimpanan justru membuat interior kamar mandi mudah berantakan dan tampak kotor sehingga menurunkan level kamar mandi Anda.

4. Perletakan dan ukuran cermin yang tidak sesuai

Perletakan dan ukuran cermin yang tidak sesuai

Cermin adalah elemen penting pada kamar mandi karena banyak waktu dihabiskan di kamar mandi untuk menata rambut, merias wajah, dan lain sebagainya yang memerlukan kehadiran cermin. Oleh karenanya, hadirkan cermin berukuran besar. Semakin dekat bagian atas cermin dengan plafon, maka semakin untuk membuat kamar mandi terasa lebih dan luas. Tak hanya itu, sesuaikan ketinggian bagian bawah cermin dengan washtafel sehingga tidak terlalu tinggi agar orang yang lebih pendek tetap bisa melihat pantulan diri di cermin ketika sedang menggunakan washtafel.

Demikian bagian pertama dari artikel tentang 7 kesalahan dekor yang membuat interior kamar mandi Anda turun level. Gunakan tenaga ahli seperti jasa desainer Emporio Interior jika Anda ingin mengupgrade tampilan interior kamar mandi agar tampak lebih mewah dan berkarakter.