20 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda pernah atau mungkin sedang merasa bahwa nuansa interior di rumah Anda sedikit janggal, tak peduli sebanyak apapun Anda mendekorasi dan merapihkannya? Jika ya, mungkin itu disebabkan karena adanya kesalahan dekorasi pada interior rumah Anda. Mulai dari terlalu banyak bantal di sofa hingga tata pencahayaan yang buruk, nyatanya ada beberapa kesalahan dekorasi yang sangat umum dilakukan. Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan membagikan 7 kesalahan dekorasi interior yang paling umum terjadi sehingga Anda dapat menghindari kesalahan tersebut.

1. Menggunakan satu warna

menggunakan satu warna

Tiap orang pasti memiliki satu warna favorit. Namun, jangan sampai Anda menggunakan satu jenis warna favorit tersebut pada seluruh interior ruangan di rumah Anda. Lihat saja gambar di atas. Sebagian orang terutama wanita mungkin menjadikan warna kuning sebagai warna favorit mereka karena teresan cerah, ceria dan juga tampak cute. Namun, interior ruangan yang seluruhnya berwarna kuning justru bisa membuat mata siapapun yang melihatnya jadi terasa sakit, bukan? Oleh karenanya, jangan sekali-kali melakukan kesalahan ini, ya.

2. Perabot yang tidak cocok

perabot yang tidak cocok

Saat Anda mencoba mendekor rumah, selalu pastikan bahwa Anda telah memilih perabot yang sesuai dengan nuansa ruangan serta ukuran ruangan. Jangan menempatkan sofa empuk berukuran besar pada ruangan yang kecil. Jangan pula membeli perabot bergaya klasik pada interior yang bernuansa modern. Rencanakan dengan hati-hati. Jangan termakan harga murah saat membeli perabot dan pastikan ukuran, warna dan style perabot sesuai dengan ruangan.

3. Interior yang berantakan

interior yang berantakan

Saat Anda mendekorasi ruangan, ngatlah untuk memperhitungkan segalanya termasuk kapasitas penyimpanan barang. Tak hanya itu, Anda juga harus menahan diri untuk tidak membeli terlalu banyak barang serta menimbun segalanya di dalam rumah. Jika hal ini tidak direncanakan dan terkontrol dengan baik, dalam waktu singkat interior rumah Anda akan terlihat penuh dan berantakan karena terlalu banyak dekorasi. Ada baiknya Anda mencoba metode konmari milik Marie Kondo untuk menata sekaligus menyingkarkan segala kekacauan pada interior rumah Anda terlebih dahulu sebelum mendekor ulang ruangan.

Demikian uraian 3 dari 7 kesalahan dekorasi interior yang umum terjadi. Baca artikel Emporio Interior selanjutnya untuk mengetahui bagian selanjutnya sehingga Anda tidak melakukan kesalahan dekorasi yang mengakibatkan interior rumah Anda tampak buruk. Jika Anda merasa kesulitan saat mendekor interior rumah Anda sendiri, maka jangan ragu untuk mengandalkan jasa interior desainer professional seperti Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, ubah gaya dan nuansa rumah Anda.