20 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Artikel ini adalah bagian kedua dari tulisan sebelumnya yang berjudul ‘7 Kesalahan Dekorasi Interior yang Tidak Boleh Anda Lakukan’. Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan membagikan 4 poin terakhir dari 7 kesalahan dekorasi interior yang paling umum terjadi sehingga sesuai membaca tulisan ini, Anda dapat menghindari kesalahan yang serupa.

4. Buruknya pencahayaan

buruknya pencahayaan

Saat mendekorasi rumah, ingatlah untuk menghadirkan layering cahaya. Jangan mengandalkan satu sumber cahaya saja jika yang Anda inginkan adalah interior yang tampak indah dan elegan. Pikirkan tentang skala, intensitas cahaya dan nuansa yang akan dihasilkan pada sebuah ruangan. Jangan menggunakan lampu gantung kecil pada ruang tamu berukuran besar. Hadirkan juga penerangan di bagian plafon dan dinding pada koridor agar suasananya tidak menyeramkan.

5. Terlalu banyak motif

terlalu banyak motif

Bermain dengan warna dan motif yang berbeda adalah bentuk seni. Namun, Anda perlu mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu agar berbagai motif dan warna dapat menyatu dengan baik. Jangan asal mendekorasi interior rumah dan menghiasnya semuanya dengan berbagai motif.  Sofa, karpet, bantal, dinding dan gorden dan seluruhnya berbeda warna dan dihias dengan berbagai motif mungkin terlihat indah pada bangunan ikonik tertentu, tapi akan tampak memberatkan mata terlebih bila Anda harus melihat itu setiap kali berada di rumah.

6. Pajangan yang tampak canggung

pajangan yang canggung

Banyak orang mencoba menggantung lukisan atau foto di dinding dan berakhir dengan kegagalan karena pajangannya yang tampak canggung. Anda mungkin juga pernah mengalami problem seperti ini. Agar pajangan tidak tampak canggung seolah salah tempat, maka sesuaikan skala dan proporsi pajangan dengan dimensi benda disekitarnya, termasuk ukuran ruangan. Pastikan pajangan cocok dengan karya seni disekitarnya maupun nuansa dan fungsi ruang. Contohnya, jangan menggantung pajangan bergambar anatomi tubuh maupun hal yang menyeramkan dan menjijikkan lainnya pada ruang makan. Jangan pula memajang gambar atau simbol ketuhanan pada interior kamar mandi, dan seterusnya. Tata dekorasi yang salah seperti itu benar-benar terlihat tidak sesuai sehingga membuat perasaan Anda  tidak nyaman.

7. Terlalu banyak bantal

terlalu banyak bantal

Sebagian besar orang menyukai sesuatu yang empuk sehingga banyak orang menyukai bantal dalam berbagai warna dan pola berbeda. Walau demikian, hindari memenuhi sofa dengan bantal. Terlalu banyak bantal justru membuat Anda tidak nyaman. Jangan berlebihan dan sesuaikan jumlah bantal dengan ukuran sofa (umumnya hadirkan 3 hingga 5 bantal saja).

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 7 kesalahan dekorasi interior yang tidak boleh Anda lakukan. Dari 7 nomor tersebut, kesalahan nomor berapa yang pernah atau hampir Anda lakukan? Setelah membaca tulisan ini, maka selanjutnya hindari melakukan kesalahan yang sama. Anda dapat menggunakan jasa Emporio Interior jika memerlukan jasa interior desainer professional guna mewujudkan konsep interior rumah sesuai keinginan tanpa adanya kesalahan dekor.