20 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ruang keluarga bisa dibilang merupakan jantung pada rumah. Letak ruang keluarga yang umumnya berada di tengah rumah dan menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga menjadikan ruangan ini harus ditata seestetik mungkin agar terasa nyaman. Namun, seringkali ditemukan kesalahan dekor pada ruang keluarga yang bagi seorang interior desainer professional tampak jelas terlihat dan cukup mengganggu. Berikut kesalahan yang umum dilakukan saat mendekorasi interior ruang keluarga.

1. Membeli karpet yang terlalu besar atau terlalu kecil

Jika Anda ingin menghadirkan karpet pada ruang keluarga, maka sesuaikan ukurannya agar tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Karpet atau permadani idealnya harus memenuhi seluruh kaki furnitur (sofa dan meja). Jika Anda bisa melihat ujung karpet ketika sedang duduk di sofa, maka karpet tersebut bisa dianggap terlalu kecil. Karpert atau permadani yang terlalu besar akan terlihat membebani ruang dan bisa membuat ruangan tampak lebih kecil. Sebaliknya, karpet atau permadani yang terlalu kecil seakan memaksa furnitur menjadi lebih berdekatan sehingga ruangan terasa tidak seimbang dan menciptakan ruang negatif atau ruang kosong yang terbuang percuma.

2. Letak TV yang terlalu tinggi atau rendah

Hindari meletakkan TV terlalu tinggi atau terlalu rendah. Ingat, ruang keluarga Anda bukanlah warteg yang posisi TV nya berada di dinding dekat dengan plafon. Sesuaikan letak TV dengan arah pandang Anda dan usahakan bagian tengah TV sejajar dengan mata ketika sedang duduk di sofa. Pastikan juga Anda mengatur jarak TV agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dari sofa. Hindari juga meletakkan TV tepat dibelakang jendela karena layar TV jadi terlihat gelap saat dinyalakan.

3. Mengandalkan satu sumber pencahayaan

Jika Anda menginginkan ruang keluarga yang suasananya nyaman, tenang sekaligus indah, maka jangan mengandalkan satu sumber pencahayan saja. Cobalah berinvestasi pada kenyamanan dan keindahan dengan menghadirkan beberapa sumber penerangan seperti menggunakan chandelier dan LED pada plafon ruang keluarga, lampu meja di sisi sofa serta lampu tegak di sudut ruangan.

4. Memenuhi dinding dengan rak berukuran besar

Saat Anda suka mengoleksi barang tertentu seperti buku atau porselen cantik, maka mungkin Anda akan berusaha memamerkannya di ruang keluarga dengan menempatkan rak berukuran besar dan memenuhinya dengan berbagai barang pajangan. Jika itu adalah hal yang sudah Anda lakukan, maka ubah sesegera mungkin karena dekorasi seperti itu tidak terlihat estetik dan justru membuat interior ruang keluarga terasa penuh sesak. Hindari menempatkan rak yang menutupi seluruh dinding lalu mengisi penuh rak tersebut dengan benda pajangan yang serupa dan berukuran besar.  

Demikian bagian pertama dari 8 kesalahan yang umum dilakukan saat mendekor interior ruang keluarga. Baca artikel selanjutnya untuk mengetahui kesalahan dekorasi nomor 5 hingga 8. Jika Anda merasa melakukan beberapa kesalahan dekor diatas, maka cobalah mendekor ulang interior ruang keluarga di rumah Anda. Gunakan jasa interior desainer handal seperti Emporio Interior untuk mendapatkan hasil terbaik.  Bersama Emporio Interior, beri gaya baru pada interior rumah Anda.