22 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Artikel ini merupakan sambungan dari tulisan berjudul 8 kesalahan yang umum dilakukan saat mendekor interior ruang keluarga. Lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai agar Anda tidak melakukan kesalahan yang serupa ketika mendekor interior ruang keluarga.

5. Membeli perabot dengan ketinggian yang sama

Yang penting diperhatikan ketika memilih furnitur di ruang keluarga adalah jangan membeli perabot dengan ketinggian yang sama. Seringkali terjadi kesalahan dimana meja memiliki tinggi yang sama atau justru lebih rendah dari dudukan sofa. Hal ini tentunya bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Sejatinya, meja harus lebih tinggi dari dudukan sofa sehingga terasa pas.

6. Permukaan meja yang terlalu besar atau terlalu kecil

Di ruang keluarga, biasanya terdapat meja yang terletak di antara sofa dan TV. Umumnya, meja itu berfungsi untuk meletakkan pajangan seperti vas bunga dan majalah serta digunakan untuk meletakkan makanan atau minuman ringan yang biasanya disantap sembari menonton TV. Oleh karena meja tersebut digunakan untuk meletakkan berbagai barang, maka pintar-pintarlah memilih ukuran permukaan meja. Jangan sampai terlalu besar atau terlalu kecil.

7. Menggantung artwork terlalu tinggi

Jika Anda ingin menghias dinding dengan foto atau lukisan, maka sesuaikan ketinggiannya agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Gantunglah artwork sekitar 6-8 inch dari permukaan furnitur yang berada di bawahnya. Jika tidak ada furnitur di bagian dinding yang ingin Anda hias dengan artwork, maka gantung lukisan atau foto setinggi 57-60 inch dari lantai.

8. Menempatkan furnitur tepat di sisi dinding

Salah satu kesalahan dekor yang paling umum dilakukan adalah menempatkan furnitur tepat di sisi dinding. Memepetkan sofa tepat di sisi dinding hanya akan membuat ruangan terasa sempit, sesak dan sumpek. Itulah alasan mengapa orang kaya atau selebriti umumnya tidak menempelkan furnitur di dinding, melainkan menempatkannya di tengah ruangan. Alasan yang sama juga berlaku di resort atau hotel mewah dimana kasur dan sofa umumnya terletak di tengah ruangan. Posisi yang demikian justru menciptakan ilusi seolah-olah ruangan tampak lebih mewah, luas dan lapang.

Demikian artikel Emporio Interior berjudul 8 kesalahan yang umum dilakukan saat mendekor interior ruang keluarga. Setelah mengetahui beberapa kesalahan dekor yang umum dilakukan, diharapkan kedepannya Anda tidak melakukan kesalahan yang sama ketika sedang mendekor ulang interior ruang keluarga. Jika Anda membutuhkan jasa desainer handal, gunakan saja jasa Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, hadirkan sentuhan professional untuk suasana rumah yang lebih mewah dan elegan.