07 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Selain model lampu meja, terdapat juga berbagai variasi bentuk tudung lampu yang dapat Anda pilih dan pertimbangkan bila Anda membeli lampu meja dan tudung secara terpisah. Berikut 8 pilihan tudung lampu paling umum yang dapat memberi sentuhan unik pada interior rumah Anda.

1. Drum

Tudung lampu drum memiliki bentuk bulat dengan sisi lurus. Menggunakan tudung lampu berbentuk drum dapat membrti tampilan lembut dan kontemporer.

2. Oval

Tudung lampu oval memiliki bentuk yang lebih lebar dan rata dibanding tudung lampu berbentuk drum. Tudung lampu berbentuk oval mampu membuat lampu yang kusam menjadi terlihat lebih canggih dan kekinian. Sederhananya, dapat memperbarui lampu tua terlihat seperti baru.

3. Empire

Tudung lampu empire memiliki bagian atas yang menyerupai tudung lampu drum namun bagian bawahnya melebar seperti rok atau lonceng. Tudung lampu empire cocok digunakan pada lampu dengan penyangga yang tinggi dan ramping maupun yang pendek dan bulat, seperti pada gambar 3D desain interior ruang tamu karya Emporio Interior diatas.

4. Square

Seperti namanya, tudung lampu kotak memiliki empat sisi lurus. Bentuk tudung lampu ini terlihat paling modern dari semua bentuk tudung lampu. Secara visual, tudng lampu berbentuk kotak paling cocok untuk lampu meja yang berbentuk persegi dan tidak cocok digunakan sebagai tudung lampu meja yang melengkung atau bulat.

pilihan tudung lampu

5. Bell

Tudung lampu berbentuk lonceng cukup umum terlihat dan mudah didapatkan. Bentuknya sekilas mirip dengan tudung lampu empire namun bagian sisinya melengkung dabn melebar ke bawah seperti lonceng. Bentuk tudung ini memungkinkan distribusi cahaya yang signifikan dan lebih baik.

6. Cylindrical

Tudung lampu berbentuk silinder terlihat mirip dengan tudung lampu berbentuk drum. Perbedaannya terletak pada bentuknya yang lebih tinggi. Desain seperti ini memungkinkan cahaya menyebar ke atas dan bawah dengan lebih baik dibandingkan dengan tudung berbentuk drum.

7. Coolie

Tudung lampu coolie memiliki banyak sudut, bukaan besar di bagian bawah dan bukaan kecil di bagian atas. Desain seperti ini memungkinkan ambient cahaya yang terlihat lebih indah. Walau sekilas berbentuk mirip dengan tudung lampu berbentuk lonceng dan empire, kemiringan tudung lampu coolie jauh lebih ekstrem dan penampilannya terlihat sangat melebar.

8. Rectangular

Tudung lampu berbentuk persegi panjang memiliki sudut penyebaran cahaya yang lebih luas di bagian bawah daripada di bagian atas cahaya. Bentuk ini sering digunakan pada interior bergaya modern dan kontemporer serta dipasangkan pada meja berbentuk persegi panjang pula.

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 8 pilihan tudung lampu paling umum dan paling mudah dicari yang dapat memberi sentuhan unik pada interior rumah Anda. Untuk memilih bentuk tudung lampu yang cocok, maka sesuaikanlah dengan furnitur, gaya desain interior serta model lampu meja itu sendiri. Jika Anda membutuhkan jasa desain interior professional, maka gunakan jasa Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, tunjukkan karakter Anda pada tampilan interior di rumah Anda.