20 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pintu masuk dan foyer merupakan area yang penting pada rumah karena berfungsi sebagai ‘penyambut dan pengantar’ sebelum memasuki bagian dalam rumah. Tak hanya itu, pintu masuk dan foyer juga menjadi ‘wajah’ yang menunjukkan karakter serta selera penghuninya, sehingga penting untuk menghias area ini sebaik mungkin demi meningkatkan prestise penghuni. Berikut beberapa hal yang perlu dihindari dan dapat dilakukan untuk mendekor interior pintu masuk dan foyer di rumah Anda.

1. Tambahkan tempat duduk

Pada area pintu masuk dan foyer, Anda dapat menambahkan bangku, kursi atau sandaran yang berfungsi ganda yaitu selain sebagai tempat beristirahat sejenak, dapat pula berfungsi sebagai dekorasi serta area penyimpanan sementara.

2. Jangan sampai terlihat berantakan

Karena area pintu masuk dan foyer merupakan bagian paling depan di rumah, besar kemungkinan Anda akan meletakkan berbagai barang seperti sepatu, tumpukan koran, kardus paket dari online shop hingga sisa tas belanjaan di area ini. Jangan biarkan hal itu terjadi karena mampu membuat area ini tampak berantakan dan menunjukkan karakter penghuni rumah yang asal-asalan. Rapikan dan sembunyikan barang-barang tersebut sehingga ruangan ini tampak rapi.

3. Perhatikan lebar ruangan

Sebelum meletakan berbagai barang sebagai dekorasi, pertama-tama perhatikanlah lebar ruangan. Jangan sampai perabot dan pajangan yang hendak dihadirkan di area tersebut justru menghalangi sirkulasi. Jika lebar ruangan masih mencukupi, maka hadirkan rak sepatu atau tempat penyimpanan payung yang tertutup sehingga tampak lebih tertata.

lebar ruangan

4. Jangan menyia-nyiakan area vertikal

Area foyer dan pintu masuk biasanya lebih sempit dibandingkan ruangan lainnya di rumah, sehingga manfaatkanlah tiap space sebaik mungkin. Oleh karena itu, jangan menyia-nyiakan area vertikal seperti dinding. Manfaatkan area vertikal dengan menghadirkan area penyimpanan di dinding seperti menambahkan rak dinding untuk menyimpan surat, paket, kunci, helm, dll.

5. Hias dan percantik dinding

Karena pintu masuk dan foyer merupakan hal yang pertama kali dilihat saat memasuki rumah, maka manjakan mata dengan menghias dinding area tersebut sehingga tampak cantik dan indah.

Beri sentuhan berbeda pada dinding dengan menggunakan wallpaper, batu alam  atau kayu serta gantunglah cermin berbentuk bundar, piring antik, tanaman atau gallery photo di dinding.

7. Jangan ragu untuk menambah sentuhan warna

Jika keseluruhan interior ruangan di rumah Anda memiliki color palette bernuansa netral, maka jangan ragu untuk mengambil sedikit resiko dengan bermain warna pada area pintu masuk atau foyer. Anda dapat menghadirkan karya seni dengan warna yang mencolok di dinding, bantal berpola cerah di bangku, atau vas berisi bunga dengan berbagai warna-warna cerah yang indah.

8. Pikirkan mengenai pencahayaan

Area pintu masuk dan foyer haruslah memiliki pencahayaan yang cukup terang sehingga terasa friendly dan ramah bagi siapapun yang memasuki serta melewatinya. Oleh karena itu, selain harus ada pencahayaan alami yang masuk ke dalam ruangan, sediakan ambient lighting berupa chandelier serta task lighting berupa lampu jalan agar tidak gelap dan suram di kala malam.

Demikianlah artikel Emporio Interior mengenai beberapa hal yang perlu dihindari dan dapat dilakukan untuk mendekor interior area pintu masuk dan foyer pada hunian. Hal tersebut juga diaplikasikan pada karya desain Emporio Interior sehingga entryways dan foyer tampak indah, megah, berselera tinggi dan mampu menaikkan prestise penghuni dimata tamu yang berkunjung.