18 Juni 2020  |  Umum
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pernahkan Anda bertanya-tanya, sebenernya apa saja sih yang ada ‘di dalam’ sebuah sofa? Setiap orang pasti pernah duduk di sofa dan merasakan keempukan dan kenyamanannya. Walau demikian, tidak semua orang mengetahui bagian dalam sofa yang membentuk kenyamanan tersebut. Kali ini, Emporio Interior akan mengajak Anda semua untuk membedah serta melihat anatomi sofa di rumah.

  1. Frame

Bingkai pada sofa umumnya dibuat dengan menggunakan material kayu Untuk jenis kayunya sendiri, perlu dipilih agar tahan rayap sehingga lebih tahan lama dan awet. Bingkai kayu inilah yang nantinya menentukan bentuk serta tampilan sofa.

  1. Webbing or spring

Anyaman atau pegas terletak di bagian paling bawah sofa. Anyaman atau pegas adalah sabuk elastis yang digunakan dalam pembuatan furniture sofa. Keberadaan anyaman atau pegas ini mampu meningkatkan masa pakai busa dan memberikan dukungan yang lebih baik. Anyaman atau pegas inilah yang menjadi alas dasar tempat meletakkan sofa.

  1. Foam

Busa yang berlapis-lapis mampu memberikan rasa empuk yang lembut dan nyaman di bagian atas dan pada bagian bawahnya pun kokoh sehingga dapat mempertahankan kekencangan dan bentuk awal busa. Penggunaan busa berkualitas tinggi mampu menjamin kenyamanan dan keawetan sofa.

  1. Back cushion

Bantalan punggung pada sofa dibuat dari berbagai material seperti busa plyurethane, filter pluster, lateks dan lain sebagainya yang mampu memberikan perasaan mewah pada sofa. Penting agar sofa memiliki bantalan punggung yang empuk karena ini menentukan kenyamanan sebuah sofa.

  1. Upholstery

Sebuah sofa dapat ditutup dengan kain pelapis sintetis, alami atau campuran keduanya. Belakangan ini, sofa dengan kain pelapis berbahan kapas, kulit imitasi dan kulit murni lebih popular dipasaran dan lebih umum digunakan oleh kalangan masyarakat luas.

  1. Exterior finish

permukaan luar sebuah sofa haruslah dilengkapi dengan lapisan pelindung anti-noda sehingga senantiasa bersih dan tampak seperti baru. Bersaama dengan kain pelapis, bagian ini menentukan stylish tidaknya sebuah sofa karena letaknya paling luar sehingga menjadi objek penilaian visual.

Demikian artikel dari Emporio Interior mengenai anatomi sofa yang nyaman di rumah. Jika Anda berniat membuat sofa custom, maka jangan lupa dengan poin-pon diatas sehingga sofa Anda nantinya terasa empuk, nyaman, stylish dan tahan lama. Pilihlah sofa dengan bijak dan jangan menilai sofa hanya dari harganya semata, tetapi juga dari style, bentuk, tampilan dan warna maupun motif sofa karena hal ini mampu mempengaruhi tampilan ruangan secara keseluruhan. Jika Anda membutuhkan desainer untuk merancang sofa serta interior ruangan di rumah Anda, maka gunakan saja jasa Emporio interior. Bersama Emporio Interior, beri sentuhan elegan pada interior rumah Anda.