22 Februari 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ruang keluarga merupakan salah satu ruang yang dianggap paling penting pada suatu hunian. Hal ini dikarenakan ruang keluarga umumnya terletak di bagian tengah rumah sehingga menjadi pusat aktivitas dan interaksi antar sesama anggota keluarga. Oleh sebab itu, ruang keluarga perlu didesain dengan baik dan cermat sehingga mampu memberi energi positif keseluruh anggota keluarga. Salah satu patokan yang menjadi dasar penataan ruang keluarga adalah fengshui. Agar ruang keluarga mampu tertata dengan baik serta memiliki interior yang mewah dan sesuai fengshui, maka gunakan jasa desain interior sehingga ruang keluarga Anda dapat terasa lebih nyaman dan memiliki nuansa baru.

Berikut adalah rahasia jasa desain Emporio Interior dalam menata interior ruang keluargas ehingga terasa luas dan lega dengan mengadopsi beberapa aturan Fengshui.

Rahasia Jasa Desain Emporio Interior Dalam  Menata Interior Ruang Keluarga Sehingga Terasa Luas dan Lega

1. Ruangan berbentuk segi empat.

Salah satu rahasia jasa desain interior untuk menciptakan ruang keluarga yang terasa lapang dan lega adalah dengan menempatkannya pada ruangan yang berbentuk segi empat. Ruangan berbentuk segi empat mampu memaksimalkan penggunaan lahan dengan lebih efektif. Selain itu, ruang keluarga yang terletak di ruangan berbentuk segi empat juga mampu membuat sirkulasi lebih lancar.

2. Luasan ruang disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan.

Agar besaran ruang keluarga lebih proporsional, maka luasan ruang harus disesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan. Dengan demikian, ruang keluarga tidak akan tampak kosong melompong jika terlalu luas.  Sebaliknya, ruang keluarga juga tidak terasa sempit dan sesak jika ruangan terlalu sempit. Sesuaikan saja luasan ruang dengan banyaknya penghuni rumah, jumlah aktivitas bersama di ruang keluarga serta kebutuhan.

3. Tidak terlihat secara langsung dari pintu masuk utama.

Menurut fengshui, ruang keluarga yang baik dan mampu memberi efek positif pada penghuni rumah adalah jika ruang keluarganya tidak terlihat secara langsung melalui pintu masuk utama. Oleh karena itu, perlu diakali dengan perletakan ruang yang baik atau menggunakan partisi antara ruang tamu/foyer dan ruang keluarga. Partisi yang dapat digunakan sangat bervariasi seperti partisi grill kayu, partisi dinding, dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka pandangan mata akan sedikit terhalang oleh partisi dan menciptakan ruang keluarga yang baik sesuai fengshui.

4. Hindari perletakan pintu yang saling berhadapan.

Dalam nilai-nilai fengshui, pintu dilarang saling berhadapan. Konon, pintu yang berhadapan dipercaya mampu membawa energi buruk pada rumah. Oleh karena itu, hindari meletakkan pintu yang saling berhadapan pada ruang keluarga.

5. Memiliki banyak bukaan berukuran besar untuk memasukkan pencahayaan & penghawaan alami.

Salah atu rahasia sekaligus ciri Emporio Interior adalah adanya bukaan berukuran besar di ruang keluarga dalam jumlah banyak. Dengan demikian, maka akan lebih mudah untuk memasukkan pencahayaan & penghawaan alami. Ruang keluarga pun dapat terasa lebih lega, lapang serta lebih sehat karenanya lancarnya sirkulasi udara.

6. Terhubung langsung dengan ruang luar.

Rahasia lainnya dari Emporio Interior adalah dengan menempatkan ruang keluarga di ruangan yang memiliki akses langsung dengan ruang luar seperti taman belakang, kolam renang, dan lainnya. Selain mampu memunculkan kesan relaxing, ruang keluarga pun juga mendapat view.

7. Letakkan tanaman di sudut siku sehingga lebih aman dan terkesan fresh.

Tips selanjutnya adalah dengan meletakkan tanaman di sudut siku. Dengan demikian, maka ruang keluarga menjadi lebih aman dan kids friendly. Tak hanya itu, nuansa ruangan berubah menjadi lebih fresh.

8. Jangan memajang foto dan lukisan binatang yang menyeramkan.

Jika Anda ingin memajang foto atau lukisan, maka disarankan agar tidak memajang foto atau lukisan apalagi yang memiliki vibe menyeramkan. Hal itu akan membuat ruang keluarga tersa lebih suram. Jika ingin menghias ruang keluarga dengan foto dan lukisan, maka lebih baik pajang saja foto keluarga atau potret bersama hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan.

9. Levelling lantai ruang keluarga sebaiknya lebih rendah dari ruang makan.

Menurut fengshui, ruang keluarga yang baik juga harus memiliki levelling yang lebih rendah dari ruang makan. Namun tentunya hal ini bersifat optional karena perlu disesuaikan dengan besaran lahan dan luasan bangunan.

10. Terdapat void diatasnya sehingga terkesan lapang dan megah.

Rahasia terakhir yang dilakukan jasa desain Emporio Interior agar ruang keluarga terkesan lebih lapang dan lega adalah dengan menghadirkan void di bagian atas ruang keluarga. Keberadaan void mampu membuat ruang keluarga terkesan lapang dan megah. Terlebih apabila terdapat chandelier di bagian atasnya. Tapi sama seperti sebelumnya, cara ini juga optional karena disesuaikan dengan besaran lahan dan luasan bangunan.

Tentunya merancang interior ruang keluarga tidak semudah yang dipikirkan. Untuk itu, lebih baik menggunakan jasa desain interior ruang keluarga seperti Emporio Interior. Bukankah Anda ingin memiliki ruang keluarga yang nyaman dan megah sehingga mampu memperbaiki mood anggota keluarga serta memberi perasaan bahagia tiap harinya? Tentunya semua ini dapat Anda dapatkan hanya dengan langkah kecil, yaitu dengan berani menggunakan jasa desain interior pada ruang keluarga di rumah Anda. Jadi tunggu apalagi, percayakan interior ruang keluarga di rumah Anda bersama jasa desain interior ruang keluarga murah dan terbaik di Indonesia yaitu Emporio Interior.