31 Maret 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda memiliki rumah minimalis 2 lantai tipe 70/60 yang terletak di perumahan? Jika ya, maka Anda perlu membaca artikel ini untuk mengetahui cara menata interior rumah Anda agar tidak terasa sempit dan sesak. Pada rumah minimalis, interiornya perlu ditata sedemikian rupa agar sehingga tidak membuat rumah terasa makin sempit dan sesak. Untuk itulah, artikel kali ini Emporio Interior akan membahas mengenai cara menata perabot rumah minimalis 2 lantai agar interior rumah tidak terasa makin sempit dan sesak. Cara ini diambil dari tata perabot pada rumah 2 lantai tipe 70 m2 di perumahan The Wimala by Gemintang Land di Tangerang Selatan, Banten karya Emporio Architect dan Emporio Interior.

TIPE 70/60

Ukuran Tanah : 5 m x 12 m

Luas Bangunan : 70 m2

Jumlah Kamar Tidur : 3

Jumlah Kamar Mandi : 2

Jumlah Powder Room/Toilet Tamu : -

Jumlah Maid Room : -

Jumlah Mobil yang bisa ditampung : 2 (carport)

desain interior

Berikut cara menata perabot rumah minimalis 2 lantai by Emporio Interior.

  1. Gunakan perpaduan warna putih dengan warna netral

Pada rumah minimalis, sebisa mungkin menggunakan warna monokrom atau warna netral pada interiornya baik itu pada elemen ruangnya (plafond, dinding dan lantai) maupun pada perabot dan artworknya. Untuk membuat interior ruangan terasa lebih light dan luas, perbanyak penggunaan warna putih beserta warna soft lainnya.

  1. Rapatkan perabot pada salah satu sisi dinding

Pemilik rumah minimalis 2 lantai tipe 70 m2 tentunya harus pintar dalam mendekor dan menata ruangan. Atur dan tata perabotan hingga merapat pada satu sisi dinding. Tak hanya itu, gunakan perabot berkaki atau yang melayang dan ditempel di dinding agar terdapat ilusi ruang yang lebih luas.

  1. Gabung ruang semi-privat dalam 1 ruangan

Rumah minimalis tipe 70 tentunya memiliki space yang terbatas walaupun terdiri dari 2 lantai. Oleh karena itu, gabung beberapa fungsi ruang ke dalam satu ruangan berukuran besar. Anda bisa menggabung ruang semi-privat seperti ruang keluarga, ruang makan dan dapur. Jika ingin menandai perbedaan fungsi ruang, maka Anda dapat memberi karpet alih-alih partisi atau memberi tempelan dinding yang berbeda antara dapur dengan ruang makan.

  1. Hadirkan bukaan berukuran besar dengan pintu geser.

Untuk area lantai atas, Anda dapat menghadirkan bukaan berukuran besar dengan pintu geser. Hal ini dapat diaplikasikan pada kamar tidur yang dilengkapi dengan balkon. Untuk kamar tidur tanpa balkon, sebaiknya bukaan besar tetap hadir karena mambu memberi nuansa ruangan yang terbuka dan lapang.

Kurang lebih cara menata perabot rumah minimalis 2 lantai serupa dengan pada rumah minimalis lantai. Bedanya, tentu Anda dapat lebih leluasa dalam menata ruangan pada rumah 2 lantai karena adanya space yang lebih banyak.