15 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ada perbedaan tipis antara ruangan yang dipenuhi dengan berbagai aksesoris indah dengan ruangan yang memiliki vibe seperti tumpukan sampah dan wall art yang telah menguasai seluruh rumah hingga membuat rumah terasa sempit, sesak dan berantakan. Jika Anda menginginkan interior ruangan yang stylish, pastikan untuk menghindari beberapa kesalahan dekorasi berikut ini yang menyebabkan interior ruangan melenceng jauh dari apa yang Anda idamkan. Untuk itu, Anda perlu mempraktekkan slogan terkenal di ranah desain yaitu ‘Less is More’.

1. Terlalu banyak bantal pada sofa

Terlalu banyak bantal pada sofa

Less is More’ perlu diterapkan dengan baik terutama pada interior ruangan berukuran kecil yang memiliki sofa berukuran kecil pula. Untuk mempertahankan tampilan ekletik atau minimalis, maka pastikan Anda hanya menggunakan paling banyak dua jenis bantal sofa dengan ukuran dan warna berbeda. Jika berlebihan, nantinya interior dapat terasa sempit dan menyesakkan.

2. Dapur yang tampak penuh

Dapur yang tampak penuh

Tanpa Anda sadari, barang-barang seperti teko, cangkir, gelas, buku resep, piring cantik dan lainnya dapat membuat daput terasa penuh dan berantakan. Oleh karena itu, jangan buru-buru membeli peralatan dapur apapun walaupun tampak manis dan cantik. Selalu ingat bahwa barang-barang tersebut tidak terlalu Anda perlukan dan nantinya hanya menjadi pajangan yang menumpuk lemari kabinet dan rak-rak di dapur Anda.

3. Pajangan pada meja

Pajangan pada meja

Jika pintar dalam mendekor interior, maka benda sederhana seperti baki pun dapat dijadikan dekorasi interior ruangan. Anda dapat meletakkan baki diatas meja dan mengisinya dengan pajangan lainnya seperti vas bunga, lilin, majalah dan lain sebagainya. Namun jika tidak pandai dalam mengatur komposisi dan keseimbangannya, maka baki pajangan di atas meja justru dapat menjadi bumerang dan membuat interior ruangan tampak berantakan dan tidak terurus.

4. Barang kenangan

Barang kenangan

Seperti yang dikatakan oleh Marie Kondo pada teknik konmari, tidak ada keuntungan dari menimbun barang-barang kenangan lama karena hanya mempersempit rumah dan membuat interior ruangan tampak seperti gudang berisi tumpukan sampah. Oleh karenanya, pilah-pilah barang mana saja yang perlu disimpan dan mana yang perlu dibuang. Simpanlah hanya barang-barang yang benar-benar sangat berkesan dan yang benar-benar Anda butuhkan. Setelah itu, simpanlah pada lemari atau rak-rak tertutup agar senantiasa tampak bersih dan rapi.

Demikianlah 4 tips dari Emporio Interior mengenai décor dan clutter yang berguna untuk menata interior rumah. Jika saat ini Anda sedang mencari inspirasi desain interior atau membutuhkan jasa interior desainer, jangan ragu untuk mengontak dan menggunakan jasa Emporio Interior.