22 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda suka membaca buku? Atau apakah Anda memiliki banyak buku yang dipajang pada rak? Jika ya, maka Anda perlu mengetahui cara menata buku-buku Anda agar tidak berantakan sekaligus tampak catchy sehingga meng-upgrade tampilan interior rumah Anda. Contek 7 cara dibawah ini untuk menata rak buku ala Emporio Interior agar interior hunian tampil catchy.

1. Atur ketinggian

Agar tampil catchy, sangat disarankan untuk mengelompokkan tiga buah objek menjadi satu grup yang saling berdekatan. Sebisa mungkin, aturlah agar tiga objek tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Penataan yang seperti ini akan jauh lebih menarik secara visual.

2. Seimbangkan warna

Saat menata rak buku, perhatikan juga warna dari tiap objek. Kemudian, aturlah sedemikian rupa sehingga warna dapat menyebar dan tampil dengan seimbang, misalnya dengan mengatur warna objek pada rak dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.

3. Pertimbangkan skala

Jika Anda memiliki objek pajangan lainnya yang menarik selain rak buku, misalnya guci, boneka, porselen dan sebagainya, maka jangan ragu untuk ikut memajangnya di rak buku. Pertimbangkanlah skala objek disamping variasi jenis objek yang dipajang di rak.

Pertimbangkan skala

4. Kelompokkan buku

Selain berguna untuk memudahkan saat mencari buku, mengelompokkan buku sesuai kategori tertentu juga berguna untuk mendapatkan tampilan interior yang catchy. Anda dapat mengumpulkan buku-buku favorit lalu menyusunnya secara vertikal sedangkan buku-buku lainnya disusun secara horizontal. Selain itu, Anda juga dapat menyusun buku sesuai tema atau topik maupun warna cover buku. Pastikan penataan tampil seimbang agar terlihat indah dan rapi.

5. Tambahkan tanaman

Keberadaan tanaman hijau selalu berhasil mengalihkan pandangan dan membuat ruangan terasa lebih segar. Oleh karenanya, hadirkanlah tanaman hijau dalam pot-pot kecil pada rak buku. Jangan hanya satu, tambahkan beberapa tanaman pada rak dengan urutan satu tanaman pada rak dibawah, buku pada bagian atasnya, dekorasi lain pada bagian atasnya lagi serta beberapa tanaman sekaligus pada bagian rak lainnya. Jika pada ruangan tersebut minim cahaya matahari, maka tidak apa-apa untuk menggunakan tanaman palsu.

6. Hias dengan foto

Rak buku sebagai tempat pajangan tentunya sangat cocok untuk memajang benda lainnya termasuk foto. Untuk tampilan rak buku dengan nuansa personal, hiaslah dengan memajang berbagai foto menggunakan frame kayu dan besi yang memiliki ukuran berbeda-beda untuk tampilan modern yang dinamis dan catchy.

7. Beri sentuhan seni

Terakhir, beri sentuhan seni pada rak buku. Carilah lukisan, gambar, sketsa, photocard, postcard dan lainnya yang special bagi Anda lalu beri bingkai dan pajang pada rak. Anda juga dapat memberi sentuhan barang seni seperti guci, boneka, miniatur, mainan, dan lainnya yang memberi sentuhan unik dan personal pada interior di rumah Anda.

Demikianlah 7 cara menata rak buku ala Emporio Interior agar interior hunian tampil catchy. Anda dapat mencontek cara-cara tersebut untuk menaikkan level tampilan interior hunian Anda. Jika masih dirasa sulit dan ingin menyewa jasa ahli professional, maka gunakanlah jasa Emporio Interior.