28 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda berencana melakukan renovasi atau pindah gedung kantor dan sedang mencari referensi desain interionya? Jika ya, maka baca artikel ini sebelum melakukan pekerjaan interiornya agar tidak melakukan 4 kesalahan berikut. Jika tidak, bukan tidak mungkin desain interior kantor malah memberi berpengaruh buruk pada kesehatan, produktivitas, dan efektivitas kerja karyawan Anda. Berikut 4 kesalahan fatal pada desain kantor yang harus Anda hindari dengan cara apa pun.

1. Menerapkan konsep open plan

menerapkan konsep open plan

Sampai saat ini, kantor berkonsep open plan tanpa sekat masih terbilang cukup popular karena lebih minim biaya dan hemat space. Akan sangat mudah untuk menata perabot pada ruangan yang terbuka, sekaligus lebih murah dan hemat space karena tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membangun partisi. Namun, tahukah Anda bahwa kantor dengan konsep open plan seperti ini ternyata memiliki dampak buruk? Ya, bukannya mendekatkan tiap karyawan dan meningkatkan kreativitas melalui interaksi, kantor yang seperti ini justru dapat mengganggu seluruh karyawan dan membuat mereka kehilangan fokus akibat ketiadaan privasi dan aktivitas orang lain, seperti bertelepon, berjalan-jalan, mondar-mandir, bergosip, dan lain sebagainya.  Coba bayangkan jika hal ini terjadi, maka seberapa parah tingkat kebisingan dan gangguan lainn yang dapat terjadi? Jadi, terlepas dari biaya yang murah, pikirkan lagi sebelum menerapkan konsep ini pada kantor Anda.

2. Buruknya penataan kabel

 buruknya penataan kabel

Kesalahan lain yang sangat sering terjadi adalah tidak merencanakan perletakan kabel. Kebanyakan orang meremehkan penataan kabel, kemudian menyadari bahaya dari kabel yang melintang di lantai lalu mencoba menyelesaikan masalah dengan menutupinya dengan karpet. Hal itu jelas tidak menyelesaikan masalah. Anda, karyawan Anda dan mungkin klien yang berkunjung bisa saja tetap tersandung karena kabel yang tidak tertata dengan baik. Disamping itu, tampilan interior kantor pun jadi terlihat buruk dan berantakan. Untuk itulah, Anda perlu melakukan investasi lebih pada peralatan manajemen kabel atau bahkan berkonsultasi dengan sesorang atau perusahaan yang ahli dalam mengorganisasi dan menata kabel. Kantor yang kabelnya tertata dengan baik jelas akan terlihat lebih rapi dan menarik serta meminimalisir kecelakaan akibat tersandung atau tersetrum.

3. Buruknya penerangan

buruknya penerangan

Bekerja di kantor selama berjam-jam sembari menatap layar komputer tentumembuat penglihatan memburuk. Jangan sampai suasana kantor yang minim penerangan membuat penglihatan semua orang jadi makin buruk. Oleh karenanya, atasi buruknya penerangan dengan menambahkan lampu, mendistribusikan lampu baca, menghadirkan bukaan serta merawat jendela, dan lainnya.

4. Monoton dan tidak berselera

monoton dan tidak berselera

Percaya atau tidak, bagus tidaknya interior kantor berpengaruh pada produktivitas kerja dan mood karyawan. Tak hanya itu, interior kantor juga mewakili brand, visi-misi serta cita-cita perusahaan. Oleh karenanya, jangan sampai interior kantor Anda tampak monoton, boring dan tidak berselera karena secara tidak langsung hal itu merepresentasikan selera dan citra pemilik perusahaan.

Kesalahan desain interior di tempat kerja seperti gagal merancang jalur perkabelan atau buruknya penerangan tidak hanya memengaruhi produktivitas tetapi juga dapat membuat Anda sebagai pemilik perusahaan bisa dikenai tuntutan hukum jika terjadi kecelakaan kerja. Jadi, jangan sampai terjadi kesalahan fatal di atas pada desain interior kantor Anda. Jika Anda membutuhkan jasa desain interior professional, maka percayakan saja pada konsultan jasa desain Emporio Interior.