28 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ketika pendemi COVID-19 melanda, banyak sekali perusahaan yang mengubah sistem kerja menjadi work from home, bahkan ada yang perusahaan yang membuat home office terpisah bagi tiap divisi. Kenyataannya, home office mampu menawarkan tempat kerja berbiaya lebih rendah dan suasana yang lebih nyaman untuk menjalankan bisnis. Namun, home office juga bisa menyebabkan banyak gangguan seperti turunnya produktivitas ketimbang saat bekerja di kantor seperti biasa, terutama jika desain interior home office tidak dirancang dengan baik. Jika Anda ingin membuat home office, maka pastikan Anda tidak membuat 6 kesalahan seperti di bawah ini.

  1. Menjadikan ruangan sisa sebagai home office

Home office adalah kantor atau studio kerja yang terdapat pada rumah tinggal. Sayangnya, banyak sekali orang yang membeli atau mendesain rumah tanpa memikirkan space untuk home office dan memetingkan ruangan lainnya. Akibatnya, home office pun hanya kebagian ruangan sisa tanpa perancangan untuk membuat ruang khusus home office.Buntutnya, home office ala kadarnya pada ruangan sisa tersebut tentu terasa tidak nyaman dan banyak kekurangan, seperti besaran ruang yang tidak sesuai dengan kebutuhan (terlalu sempit untuk menampung karyawan), perletakan perabot yang tidak tertata dengan baik karena terlalu banyak sekat, dan masalah lainnya.

  1. Salah penempatan home office

Saat bekerja, tiap orang pasti memiliki tingkat toleransi terhadap gangguan yang berbeda-beda.  Ada yang mampu bekerja lebih baik saat ada musik atau suara TV, ada juga yang merasa terganggu saat mendengar musik dan suara TV ketika bekerja. Ada yang merasa terganggu saat melihat dan mendengar orang berjalan lalu-lalang, dan ada juga yang tidak. Ada juga yang langsung kehilangan fokus dan mood bekerja ketika mencium bau makanan enak. Oleh karenanya, sangat penting untuk merancang tata letak home office sedari awal sehingga Anda tidak meletakkan home office di sembarang tempat, seperti di dekat ruang keluarga atau dapur.

  1. Gagal membuat home office lebih kedap suara

Jika Anda berencana membuat home office, maka perhatikan sistem akustiknya. Sebaiknya home office dibuat kedap suara sehingga suara dari luar tidak masuk ke dalam, begitu juga sebaliknya. Anda tentu tidak ingin suara bel rumah, anak atau hewan peliharaan Anda terdengar ketika sedang menerima telepon penting atau saat melakukan meeting, bukan?

Demikian 3 dari 6 bagian mengenai kesalahan mendekor home office yang harus Anda hindari. Jika Anda ingin membuat home office yang nyaman dan estetik, maka gunakan jasa Emporio Interior untuk mendesain interiornya. Bersama Emporio Interior, beri kenyamanan dan keindahan pada hidup Anda.