22 Februari 2020  |  Jasa Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Bagi Anda yang memiliki hobby bermusik, terutama bagi yang suka bermain piano, maka keberadaan piano di rumah terbilang wajib. Namun berbeda dengan alat musik lainnya seperti gitar yang lebih minimalis, alat musik piano memiliki ukuran yang cukup besar sehingga menghabiskan banyak space, terutama grand piano. Oleh karena itu, tata letak piano pada ruangan perlu diperhatikan sedemikian rupa. Jika penataan interior baik dan serasi, maka grand piano dapat menjadi focal point atau pusat perhatian dari ruangan. Agar tidak salah saat menata interior perletakan grand piano, maka gunakan saja jasa desain interior professional, berpengalaman dan berbadan usaha seperti Emporio Interior.

Berikut adalah rahasia jasa desain interior dalam menata interior dan perletakan grand piano di dalam rumah agar interior tampak lebih mewah dan elegan.

1. Di sudut ruangan

di sudut ruangan

Manfaatkan area di sudut siku ruangan untuk meletakkan piano. Letakkan piano sedikit menyerong agar tidak terkesan kaku. Penataan seperti ini juga membuat sirkulasi lebih lancar. Contoh penataan seperti ini dapat dilihat pada desain interior rumah Bapak Michael Dotulong di Kelapa gading, Jakarta Utara yang dirancang oleh jasa desain interior terbaik, Emporio Interior.

2. Di bawah tangga melengkung

di bawah tangga melengkung

Untuk memberi kesan mewah dan elegan, Anda dapat memanfaatkan area di bawah tangga untuk meletakkan piano. Jika jenis piano merupakan grand piano berukuran besar dengan detail bentuk melengkung, maka akan lebih baik bila diletakkan di bawah tangga yang berbentuk melengkung pula. Hal ini akan memberi kesan serasi dan senada karena adanya pengulangan bentuk lengkung. Tak hanya itu, peletakan grand piano dibawah tangga melengkung dengan void mampu menyalurkan suara denting piano dengan lebih baik ke seluruh rumah. Contoh penataan seperti ini dapat dilihat pada desain interior rumah Bapak Hasan di Surabaya yang dirancang oleh jasa desain interior rumah professional, Emporio Interior.

3. Di tengah ruangan

di tengah ruangan

Jika Anda ingin agar piano menjadi focal point atau fokus perhatian, maka letakkan grand piano di tengah-tengah ruangan. Di rumah, penataan seperti ini sangat baik diaplikasikan di ruang keluarga atau di ruang khusus piano, dimana pianis dapat tampil dan ditonton banyak orang. Untuk penataan interior seperti ini, tentunya dibutuhkan space yang lebih banyak sehingga sirkulasi lebih leluasa. Contoh penataan seperti ini dapat dilihat pada desain interior rumah Ibu Irene di Badung, Bali yang dirancang oleh jasa desain interior rumah dan ruang keluarga terbaik di Indonesia, Emporio Interior.

4. Hias dengan artwork berukuran besar

Hias dengan artwork berukuran besar

Untuk menyeimbangkan ukuran dan bentuk grand piano yang besar, maka Anda perlu memilih artwork berukuran besar pula. Dengan demikian, interior tidak terkesan timpang. Anda dapat meletakkan lukisan serta vas bunga berukuran besar pada sisi dinding yang dekat dengan grand piano. Contoh penataan seperti ini dapat dilihat pada desain interior rumah Bapak Iwan di Cinere, Depok. Pada gambar diatas, terlihat bahwa grand piano diletakkan pada area landasan atas tangga, berdekatan dengan void sehingga suara dentingan piano dapat tersalurkan dengan mudah keseluruh rumah.

5. Letakkan grand piano agak berjauhan dengan jendela

Letakkan grand piano agak berjauhan dengan jendela

Saat bermain piano, dibutuhkan pencahayaan yang baik agar memudahkan pianis dalam melihat tuts piano dan partitur musik. Namun sebisa mungkin jauhkan piano dari paparan sinar matahari langsung yang mampu membuat cat piano menjadi pudar hingga lama kelamaan rusak. Oleh karena itu saat menata interior, maka grand piano sebaiknya diletakkan agak berjauhan dengan jendela. Contoh penataan seperti ini dapat dilihat pada desain interior rumah Bapak William di Jakarta Utara yang dirancang oleh jasa desain interior rumah dan ruang keluarga professional, berbadan usaha dan terbaik di Indonesia yaitu Emporio Interior.

Menata interior dan perletakan furnitur pada rumah memang tidak mudah. Oleh karena itu, gunakan jasa desain interior yang professional dan berbadan usaha seperti Emporio Interior sehingga desain interior yang Anda dapat dijamin bagus, 100% dapat dibangun dan memuaskan.