31 Maret 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Belum lama ini, masyarakat Indonesia dihebohkan dengan masuknya virus corona atau COVID-19 ke Indonesia. Dengan segera, virus ini pun menyebar cepat sehingga membuat warga dan pemerintah kalang kabut. Mulai dari lockdown hingga liburnya sekolah, berbagai opsi pun dilakukan demi menghambat penyebaran virus corona dan melindungi nyawa orang yang dicinta. Salah satu opsi yang mulai ngetrend belakang ini adalah melakukan self isolation dengan berdiam diri di rumah saja serta bekerja dari rumah atau istilah kerennya adalah WFH (work from home). Walau banyak tempat terpaksa ditutup demi mengurangi area berkumpulnya massa di satu tempat seperti tempat hiburan, tempat wisata, hotel, sekolah dan lain sebagainya. Namun bagi Anda yang masih dapat bekerja tanpa perlu datang ke kantor atau yang kantornya diliburkan, Anda tentu masih bisa bekerja di rumah. Zaman sekarang ini, hanya dengan bermodalkan laptop dan internet saja, maka bekerja dimanapun termasuk di rumah tentu bukan hal yang mustahil, bukan?

Bekerja di rumah atau work from home tentunya memiliki tantangan serta sisi positif dan negatif tersendiri. Sisi positifnya, Anda dapat menghemat waktu dan biaya transportasi serta uang makan karena bekerja dari rumah. Hemat menjadi sisi positif yang paling utama dari adanya sistem work from home. Namun sisi negatifnya, bekerja dari rumah bisa jadi membuat Anda merasa malas dan tidak disiplin. Lebih parahnya lagi, produktivitas kerja bisa menurun karena ritme kerja yang berantakan. Bagaimana tidak, saat bekerja di rumah, Anda tentu bisa mulai kerja jam berapa saja dan selesai bekerja sesuka hati karena tidak ada peraturan mengikat dan bos yang senantiasa mengawasi seperti saat bekerja di kantor. Jika biasanya Anda bangun tidur jam 6 pagi, mulai bekerja jam 9 pagi dan selesai bekerja jam 5 sore, maka saat bekerja di rumah bisa saja Anda bangun tidur jam 10 pagi, bekerja jam 1 siang dan menyelesaikannya jam 6 sore. Hal-hal seperti inilah yang mengganggu ritme bekerja dan jika dibiarkan maka berujung dengan penurunan produktivitas. Hal ini tentunya sangat merugikan, baik bagi perusahaan tempat Anda bekerja maupun bagi Anda pribadi. Lalu apa yang harus dilakukan agar hal ini tidak terjadi selama masa work from home?

desain interior

Berikut adalah cara simple agar ritme kerja dan produktivitas terjaga selama work from home.

  1. Jaga ritme kerja di rumah seperti saat sedang bekerja di kantor.
  2. Gunakan pakaian formal atau semi-formal walaupun bekerja di rumah.
  3. Buat ruang kerja pribadi di tempat tenang dan terpisah dengan ruang lainnya.
  4. Hias dan dekor interior ruang kerja agar menarik, berestetika dan nyaman.
  5. Gunakan jasa Emporio Interior untuk merancang dan mendekor interior ruang kerja.

Keberadaan ruang kerja yang tenang, nyaman dan terpisah dari ruangan lainnya membuat Anda dapat bekerja dengan fokus tanpa terdistract atau terganggu dengan hal-hal lainnya di rumah. Tak hanya itu, ruang kerja dengan desain interior yang menarik, berestetika dan mewah mampu membuat suasana hati senantiasa cerah dan semangat sehingga produktivitas tetap terjaga dan justru meningkat. Cukup dengan menggunakan jasa Emporio Interior, maka work from home serta self isolation pun dapat terasa menyenangkan dan anti bosan.