07 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tahukan Anda bahwa selain model lampu meja dan bentuk tudungnya, bahan dasar lampu meja juga dapat memepengaruhi tampilan, harga dan fungsinya? Bagi orang awam, lampu meja terlihat sama saja seakan terbuat dari satu jenis bahan, padahal ternyata berbeda-beda yang dapat menurunkan harga atau kualitas keseluruhan. Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan mengajak Anda untuk mengenal 5 dari 9 bahan dasar lampu meja agar nantinya sesuai dengan nuansa interior rumah Anda.

1. Kayu

lampu meja kayu

Lampu meja kayu merupakan jenis yang tersedia dalam berbagai jenis dan gaya. Lampu meja dengan bahan kayu yang dipotong laser terlihat modern dan kekinian, sementara lampu yang dipotong kasar terlihat lebih vintage. Kayu adalah bahan yang sangat fleksibel untuk lampu meja karena dapat lebih bebas dirancang dan difinishing dengan berbagai warna dan cara.

2. Metal

lampu meja metal

Lampu meja berbahan logam cenderung kokoh dan tahan lama dibandingkan bahan lainnya. Seperti kayu, logam lebih fleksibel dan mudah dibentuk sehingga bisa disesuaikan dengan berbagai gaya interior dari kontemporer hingga tradisional. Jenis logam yang digunakan memengaruhi gaya lampu, contohnya lampu Tiffany berbahan dasar perunggu atau kuningan, sedangkan lampu kontemporer umumnya berbahan dasar krom mengkilap atau stainless steel.

3. Keramik

lmapu meja keramik

Lampu meja berbahan keramik dapat mengubah lampu meja menjadi karya seni mahal karena tampilannya yang menyeripai guci mewah. Umumnya lampu meja berbahan keramik diukir atau dilukis dengan gambar yang indah, biasanya hanya berupa pola atau gambar alam seperti bunga, kupu-kupu, dan lain sebagainya.

4. Resin

lampu meja resin

Jika Anda menginginkan lampu meja yang tidak akan pecah atau lampu meja yang unik, maka milikilah lampu meja berbahan dasar resin. Bahan resin adalah zat yang mudah dibentuk sehingga lampu meja resin memiliki tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan desain dan warna.

5. Kaca

lampu meja kaca

Kaca merupakan benda yang rapuh, namun lampu meja berbahan kaca memiliki sisi indahnya tersendiri. Lampu meja berbahan kaca membuat cahaya cenderung tampak lebih terang.

Demikian 5 dari 9 bahan dasar lampu meja agar nantinya sesuai dengan nuansa interior rumah Anda. Untuk mengetahui lanjutannya, maka baca kelanjutan artikel ini di halaman selanjutnya. Jika Anda mencari interior desainer handal untuk merenovasi interior rumah Anda, maka percayakan saja pada Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, wujudkan interior hunian nyaman, indah dan elegan.