26 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apa yang diinginkan oleh tiap keluarga pada rumah yang ditinggalinya? Tentu saja tiap orang ingin memiliki rumah yang tak hanya aman, nyaman, mewah dan indah, tapi juga sehat demi kebahagiaan dan kesejahteraan seluruh anggota keluarga. Oleh karenanya, pada artikel kali ini Emporio Interior akan memberi 6 kiat untuk mewujudkan rumah sehat idaman keluarga.

  1. Pilah pilih perabotan

Saat menata interior rumah, visual, konsep dan style interior yang diaplikasikan memang penting, tapi perhatikan juga perabot atau furnitur yang digunakan. Jauhilah penggunaan perabot yang mengandung zat kimia berbahaya, baik yang berbahaya jika disentuh maupun karena aromanya.

  1. Perbanyak bukaan

Jika Anda menginginkan rumah yang sehat, maka perbanyaklah bukaan. Hal ini membuat sinar matahari lebih mudah masuk ke dalam rumah serta menjadikan sirkulasi udara jauh lebih lancar. Dengan demikian, rumah menjadi sehat, tidak lembab dan tidak menjadi sarang penyakit.

  1. Rutin bersih-bersih

Rutinlah membersihkan rumah agar senantiasa tampak bersih, rapi dan tidak berdebu. Oleh karena itu, selain rutin menyapu, mengepel, mengelap dan mencuci, rutinlah dalam menyerap debu-debu yang bersembunyi di sofa maupun karpet dengan menggunakan vacuum cleaner.

  1. Efektivitas ruang

Tata interior ruangan di rumah Anda se-efektif mungkin. Dalam hal ini, arsitektur dan interior rumah memiliki peranan yang sama penting. Dengan demikian, tidak ada ruang negatif atau space yang tidak digunakan yang bisa menjadi sarang untuk tempat tinggal hama di dalam rumah seperti kecoak, tikus, semut, kelelawar dan lain sebagainya.

  1. Rencanakan MEP

Rencanakan MEP seperti pemipaan air dan lain sebagainya dengan baik. Pastikan air di rumah memiliki sistem penyaringan yang baik agar senantiasa bersih sekalipun itu hanya air keran untuk mencuci maupun untuk mandi. Anda sekeluarga tentunya tak ingin mengalami penyakit kulit hanya karena buruknya kualitas air di rumah, bukan?

  1. Hadirkan tanaman indoor

Terakhir, Anda dapat menghadirkan tanaman dalam ruangan atau tanaman indoor yang diletakkan di vas, pot atau digantung. Pilihlah jenis tanaman yang indah dipandang, mudah dirawat dalam ruangan serta memiliki manfaat lainnya seperti kemampuan menyerap debu dan memfilter polusi udara serta kemampuan mengusir hama di dalam rumah.

Demikian 6 kiat ala Emporio Interior untuk mewujudkan rumah sehat idaman keluarga. Untuk mewujudkan rumah sehat idaman keluarga seperti ini, Anda perlu memiliki rumah dengan tata desain arsitektur dan interior yang apik. Oleh karena itu, gunakanlah jasa Emporio Architect sekaligus Emporio Interior untuk mewujudkannya. Bersama Emporio, upgrade kualitas hidup Anda.