26 Mei 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

“Semut-semut kecil saya mau tanya

Apakah kamu di dalam tanah

Tidak kegelapan

Semut-semut kecil saya mau tanya

Apakah kamu di dalam tanah

Tidak takut setan?”

Apakah Anda familiar dengan penggalan kalimat diatas? Ya, itu adalah penggalan lirik lagu anak-anak, yaitu Semut Semut Kecil. Nyatanya, semut tak hanya hidup di dalam tanah, tapi juga seringkali terlihat di dalam rumah, merayap di dinding atau berkerumun di lantai, dan paling sering ditemukan di ruang makan serta dapur. Jika hanya satu-dua semut yang terlihat sih tidak masalah, namun apa yang terjadi bila ada satu koloni semut berkeliaran di dalam rumah? Hii, pasti terlihat menjijikkan dan menyeramkan. Tak hanya semut, Anda juga pastinya tidak ingin ada kecoak yang berkeliaran di dalam rumah, bukan? Munculnya semut dan kecoak di dalam rumah menunjukkan bahwa Anda adalah pribadi yang jorok. Jangan sampai imej seperti itu muncul! Oleh karenanya, lakukan beberapa hal berikut ini pada interior rumah agar rumah Anda bebas hama semut dan kecoak.

  1. Simpan makanan dengan baik

Serangga seperti semut dan kecoak melacak makanan dengan indera penciuman. Oleh karena itu, simpan makanan dan minuman di tempat yang tertutup rapat sehingga baunya tidak diketahui dan tidak dapat dijangkau oleh semut dan kecoak. Makanan dan minuman yang tertutup rapat dan disimpan dengan baik tentunya juga jadi jauh lebih higienis dan tahan lama.

  1. Jangan ada celah

Semut dan kecoak gemar sembunyi di dalam celah-celah sempit. Oleh karena itu, jangan sampai ada celah atau lubang di dinding maupun lantai rumah Anda. Segera tutup celah di dinding maupun lantai dengan plester, semen, aci, nat, dan lain sebagainya.

  1. Rutin mengepel rumah

Rutinlah membersihkan rumah dan membuang sampah. Jangan biarkan kotoran dan sampah menumpuk hingga berbau busuk. Usahakan langsung membuang sampah sisa makanan dan jangan membiarkannya terlalu lama berada di tempat sampah di dalam rumah. Rajinlah mengepel lantai menggunakan obat pel untuk membunuh kuman dan mengusir serangga.

  1. Hadirkan tanaman

Pemilihan jenis tanaman tertentu di dalam rumah tak hanya mampu memperindah visualisasi ruangan dan mambuat interior nampak segar, namun juga mampu mengusir serangga seperti semut dan kecoak. Tanaman seperti  bawang putih, salam, tanaman krisan, mentimun, serai, catnip, osange-orange, geranium, lavender, rosemary, mint, kayu putih, kamboja dan kemangi memiliki aroma yang tidak disukai serangga sehingga serangga tidak akan betah di dalam rumah.

  1. Beri jebakan batman

Maksudnya, bukan jebakan untuk batman sungguhan ya, namun rencanakan juga jebakan kecil untuk mencegah hama. Contohnya, Anda dapat melengkapi drainase di rumah dengan v-trap agar terdapat genangan air yang mencegah kecoa dan bau tidak sedap masuk ke dalam rumah. Jebakan batman kedua adalah dengan menggunakan kapur barus, dan cara kreatif lainnya.

  1. Bersihkan segera

Jika ada tumpahan makanan dan minuman, segeralah bersihkan. Jangan menunda untuk membersihkan makanan dan minuman yang tumpah. Semut memiliki indera penciuman terbaik diantara seluruh serangga sehingga mereka dapat dengan cepat berkerumun jika mencium bau makanan dan minuman.  Sama halnya dengan kecoak yang memiliki indera penciuman yang baik, terutama pada makanan fermentasi. Oleh karena itu, segera bersihkan apapun yang tumpah ya.

Demikian tadi cara agar rumah bebas hama semut dan kecoak ala Emporio Interior. Jika di rumah Anda terdapat semut dan kecoak yang lalu lalang, jangan ragu untuk segera mengaplikasikan cara-cara diatas pada interior rumah Anda agar semut dan kecoak kapok tinggal di dalam rumah Anda.