09 Juni 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Jika Anda sedang membaca artikel ini di rumah, maka coba luangkan waktu sejenak untuk melihat sekeliling Anda. Apakah di rumah Anda terdapat ruangan yang terkesan sepi dan kosong di pojokan? Jika ya, maka manfaatkanlah pojok ruangan yang kosong tersebut menjadi area yang fungsional. Manfaatkan ruang negatif agar lebih fungsional, berikut artikel Emporio Interior mengenai 3 inspirasi desain interior rumah yang inovatif dalam memanfaatkan pojok ruangan yang kosong.

1. Desain interior ruang santai pada rumah Ibu Dyah di Jakarta

Desain interior ruang santai pada rumah Ibu Dyah di Jakarta

Pertama, Anda dapat memanfaatkan pojokan ruang santai atau ruang keluarga menjadi musholla seperti desain ruang santai pada rumah Ibu Dyah di Jakarta. Pada gambar diatas, terlihat bahwa space pada desain ruang santai dimanfaatkan seefektif mungkin sehingga pojokan ruangannya pun disulap menjadi musholla. Dengan sedikit menaikkan leveling lantai dan menggunakan material penutup lantai dan dinding yang berbeda dengan bagian lainnya, maka terciptalah sebuah ruangan baru pada ruang santai tersebut. Musholla tentunya cocok diletakkan pada ruang keluarga atau ruang santai, mengingat pada ruangan inilah anggota keluarga sering berkumpul bersama sehingga kegiataan sholat berjamaah pun dapat dilakukan.

2. Desain interior kamar tidur pada rumah Bapak Tri di Bekasi, Jawa Barat

Desain interior kamar tidur pada rumah Bapak Tri di Bekasi, Jawa Barat

Beralih ke kamar tidur, Anda dapat memanfaatkan pojokan kamar tidur menjadi tempat sholat pribadi. Walau memang umumnya sebagian besar orang memanfaatkan space kosong pada kamar tidur sebagai area sholat, namun tentunya akan terlihat dan terasa lebih baik bila interior space untuk sholat juga didesain dengan baik seperti pada desain interior ruang sholat di kamar tidur pada rumah Bapak Tri di Bekasi, Jawa Barat. Dengan memberi partisi berupa rak antara area tidur dan area sholat, aktivitas ibadah pun dapat terasa lebih khusyuk, tenang dan nyaman.

3. Desain interior kamar tidur pada rumah Ibu Indri di Bekasi, Jawa Barat

Desain interior kamar tidur pada rumah Ibu Indri di Bekasi, Jawa Barat

Masih berkutat pada kamar tidur, kali ini terdapat desain interior kamar tidur pada rumah Ibu Indri di Bekasi, Jawa Barat yang memanfaatkan pojokan kosong di ruangan sebagai window nook, tempat lesehan dan bersantai kekinian. Dengan adanya split level di dekat bukaan yang kemudian dihias dengan bantal, maka Anda sudah dapat memiliki window nook keren di pojokan kamar. Anda dapat menambahkan cushion agar terasa empuk atau cukup dengan menggunakan lantai parquet seperti pada desain interior kamar tidur pada rumah Ibu Indri di Bekasi, Jawa Barat ini.

Demikian 3 inspirasi desain interior rumah yang inovatif dalam memanfaatkan pojok ruangan yang kosong sehingga menjadi lebih fungsional. Jika Anda ingin merenovasi interior ruangan di rumah Anda, gunakanlah selalu jasa desainer handal seperti Emporio Interior agar hasilnya memuaskan.