09 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tahukah Anda bahwa terdapat banyak sekali jenis lampu yang dapat digunakan pada interior, dimana penggunaan jenis lampu tertentu dapat memberi sentuhan berbeda pada tampilan interior.  Hal itu berlaku pada lampu tersembunyi atau recessed lights yang memiliki efek luar biasa di rumah serta mudah disetting. lampu tersembunyi atau recessed lights umumnya juga disebut lampu downlight karena memberi pencahayaan kearah bawah, dimana lampu tersembunyi ini juga memiliki jenis tertentu yang dapat memberikan lebih banyak cahaya daripada yang lain, lebih terarah ke bawah dan ada juga yang pencahayaannya lebih menyebar. Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan mengulas mengenai 5 tipe lampu tersembunyi (recessed lights) yang umum digunakan pada Interior rumah.

1. Baffle

baffle

Lampu tersembunyi (recessed lights) tipe baffle merupakan jenis yang paling popular dan paling umum digunakan pada interior hunian. Lampu downlight tipe ini dapat memerangkan cahaya dan membentuknya sebaik mungkin sehingga cahaya yang muncul tidak terlalu silau.

2. Open

open

Lampu tersembunyi (recessed lights) tipe open merupakan jenis yang cukup sering ditemui karena terbilang paling ekonomis dibanding jenis (recessed lights) lainnya. Tak hanya itu, lampu downlight ini juga memiliki finishing yang tampak atraktif saat digunakan.

3. Reflector

reflector

Lampu tersembunyi (recessed lights) tipe reflector terbuat dari logam yang seperti namanya dapat memantulkan cahaya sehingga penyebaran cahaya lebih merata, terang dan maksimal. Oleh karenanya, lampu ini sering digunakan pada residential dan bangunan komersial seperti mall.

4. Eyeball

eyeball

Lampu tersembunyi (recessed lights) tipe eyeball terlihat seperti CCTV yang dapat digerakkan.  Lampu tersembunyi tipe ini memiliki pencahayaan directional yang dapat disesuaikan dan disetting sedemikian rupa sehingga kesannya lebih mahal, canggih dan mewah.

5. Shower Lens

shower lens

Lampu tersembunyi tipe shower lens dapat menyebarkan atau memancarkan cahaya sekaligus melindungi bagian dalam lampu itu sendiri. Lampu downlight tipe ini umumnya digunakan pada tempat yang cenderung basah seperti di shower area, kamar mandi, ruang ganti serta teras luar.

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 5 tipe lampu tersembunyi (recessed lights) yang umum digunakan pada Interior rumah. Lampu tersembunyi ini juga digunakan pada karya desain Emporio Interior karena membuat tampilan interior terkesan bersih, lapang dan elegan. Jika Anda membutuhkan jasa interior desainer untuk merenovasi interior, gunakan saja jasa Emporio Interior.