02 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tahukah Anda bahwa lampu meja memiliki berbagai jenis jika dilihat dari bentuk serta fungsi dan perletakannya? Walau memiliki fungsi utama sebagai penerangan saat melakukan aktivitas tertentu (sebagai task light), kenyataannya ada berbagai variasi tipe lampu meja yang perlu Anda ketahui agar tidak salah dalam memilih lampu meja untuk interior hunian Anda. Oleh karenanya, pada artikel kali ini Emporio Interior akan membahas mengenai 5 tipe lampu meja sebagai pemanis interior di rumah.

1. Bedside Lamp

Bedside Lamp

Seperti namanya, bedside lamp merupakan jenis lampu meja yang diletakkan di samping tempat tidur, tepatnya satu lampu pada masing-masing meja nakas yang mengapit kasur. Anda dapat memilih bedside lamp dengan desain yang berbeda pada tiap meja nakas sehingga menimbulkan keindahan asimetris pada interior kamar tidur. Umumnya, meja nakas memiliki ketinggian yang sama dengan kasur, sedangkan tepi bawah tudung lampu sejajar dengan dagu Anda ketika duduk di atas kasur. Posisi demikian dapat memberi penerangan yang cukup dan lebih nyaman terutama jika Anda suka membaca buku di kasur sebelum tidur atau memainkan gadget Anda.

2. Novelty Lamp

novelty Lamp

Berbeda dengan lampu meja lainnya yang memang ditujukan sebagai penerangan baru kemudian didesain secantik mungkin, novelty lamp adalah kebalikannya dimana desain lampu dipikirkan lebih dahulu sedangkan fungsi penerangannya dipikirkan kemudian. Singkatnya, novelty lamp merupakan dekorasi dan pemanis yang memiliki penerangan namun tidak bisa berfungsi sebagai task light karena memang penerangannya tidak membantu saat melakukan aktivitas tertentu. Novelty lamp memiliki bentuk yang unik dan indah serta sangat disukai oleh anak-anak karena berbentuk seperti mainan, tanaman, karakter favorit dan lain sebagainya.

3. Desk/Study Lamp

desk/study lamp

Jenis lampu yang satu ini tentu sudah Anda ketahui, yaitu lampu meja yang diletakkan di atas meja kerja atau meja belajar dan digunakan saat sedang melakukan aktivitas di meja tersebut. Walau desainnya bervariasi, namun umumnya lengan atau penyangga lampu dapat digerakkan atau diatur sedemikian rupa sehingga penggunanya dapat memposisikan dan menyesuaikan sudut cahaya untuk menerangi pekerjaan dengan lebih baik. Sesuaikan ukuran desk lamp dengan ukuran meja sehingga tidak timpang dan tampak kebesaran atau kekecilan.

4. Banker’s lamp

bankers lamp

Seperti namanya, banker’s lamp merupakan jenis lampu meja yang umumnya digunakan oleh para bankir atau pegawai bank maupun pada meja di perpustakaan besar seperti yang terdapat pada New York Public Library’s. Lampu jenis ini bisanya pendek dengan naungan atau tudung setenagah silinder yang terbuat dari kaca serta lengan atau penyangga yang terbuat dari metal. Umumnya, tudung lampu berwarna hijau, tapi ada juga variasi lainnya yang berwarna putih maupun kuning.

5. Lava Lamp

 lava lamp

Lava lamp merupakan jenis lampu meja yang unik karena fiturnya berupa botol kaca yang bagian dalamnya berisi lilin dan cairan berwarna mencolok. Bagian dasar lampu berupa lampu bohlam yang jika dinyalakan akan menimbulkan cahaya dan panas yang melelehkan lilin di bagian dalam botol kaca sehingga lilin dan cairan pun bergerak. Walau kini lava lamp telah melewati masa kejayaannya pada tahun 1960-an, namun Anda masih dapat membelinya jika menginginkan jenis lampu ini sebagai dekorasi pada interior rumah Anda.

Demikian pengenalan Emporio Interior mengenai 5 dari 10 tipe lampu meja sebagai pemanis interior di rumah. Bagian lainnya akan dilanjutkan pada artikel selanjutnya. Teruskan membaca bagian kedua dari artikel ini sehingga Anda mengetahui jenis dan tipe lampu meja agar tidak salah dalam membeli dan menempatkannya. Anda tentunya tidak ingin melakukan kesalahan seperti menggunakan banker’s lamp sebagai lampu meja pada samping tempat tidur Anda, bukan? Jadi mari beralih ke bagian selanjutnya dari topik ini dan teruskan membaca.