09 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sama seperti lampu tersembunyi atau recessed light, lampu bohlam juga memiliki berbagai macam tipe yang seringkali membuat orang kebingungan untuk memilihnya saat mendekor interior ruangan. Oleh karenanya, pada artikel kali ini Emporio Interior akan mengajak Anda mengenal 4 jenis lampu yang umum digunakan pada interior rumah agar tampak lebih variatif dan tentunya estetik.

1. Standard Bulb

standard bulb

standard bulb

Standard bulb merupakan lampu bohlam dengan bentuk yang paling umum dan sering dilihat. Tergantung jenis lampunya, terdapat incandescent bulb yang murah dan aesthetic. Bohlam jenis incandescent bulb mendapat cahaya dengan memanaskan kawat pijar di bagian pusat lampu sehingga cepat rusak dan tidak efisien karena dibandingkan cahaya, lampu ini justru membuang energi lebih banyak untuk menghasilkan panas. Oleh karenanya, lampu tersebut sangat boros energi dan hanya dapat bertahan sekitar 8-12 bulan. Berbanding terbalik, ada juga jenis LED light bulb yang 80% hemat energi, lebih awet dan lebih sejuk karena tidak memproduksi panas. Jenis lampu LED light bulb sangat ekonomis karena walau harganya lebih mahal dari incandescent bulb, namun lampu ini dapat bertahan hingga 11-20 tahun.

2. Compact fluorescent (CFL)

compact fluorescent

compact fluorescent

Kemudian terdapat lampu compact fluorescent light atau lampu neon kompak lebih hemat energi dibanding lampu bohlam pijar atau incandescent bulb. Lampu ini berbentuk spiral, dapat bertahan hingga 9 tahun dan perlu didaur ulang ketika sudah tidak terpakai karena mengandung mercury.

3. Tube light

tube light

tube light

Seperti namanya, tube light adalah lampu yang berbentuk tabung memanjang. Terdapat beberapa jenis lampu ini, yaitu LED tube light dan fluorescent tube light. Lampu LED berbentuk tube hampir sama dengan LED light bulb, hanya bentuknya saja yang berbeda. Lampu ini umumnya digunakan pada perkantoran atau sekolah karena penerangannya memanjang sehingga dianggap lebih hemat, terang dan efisien. Sedangkan fluorescent tube light lebih sering digunakan di rumah atau swalayan karena lebih efisien dibanding incandescent bulb dan dapat tahan 9-10 tahun.

4. Halogen light

halogen light

halogen light

Halogen light adalah lampu yang mengandung metal halides yaitu senyawa antara logam dan halogen. Singkatnya, lampu halogen memiliki masa pakai yang lebih lama dibandingkan incandescent bulb dimana cahaya dan temperaturnya juga lebih tinggi, namun kurang efisien jika dibandingkan dengan lampu lainnya. Sama seperti bohlam pijar, lampu ini boros namun lebih tahan lama dan kuat. Lampu ini bias digunakan pada outdoor maupun indoor.

Demikian artikel Emporio Interior mengenai 4 jenis lampu yang umum digunakan pada interior rumah agar tampak lebih variatif dan tentunya estetik. Jika Anda membututhkan jasa interior desainer professional untuk mrenovasi dan mendesain interior di rumah Anda, maka hubungi Emporio Interior. Emporio Interior memiliki tim interior lengkap berpengalaman yang mampu menyulap tampilan interior rumah Anda sehingga terasa jauh lebih nyaman dan wah.