15 Agustus 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis batu bata di dunia ini? Terlebih ada beberapa variasi jenis batu bata yang biasa digunakan untuk membuat dinding bata ekspos. Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan mengajak Anda semua untuk mengenal 7 jenis batu bata untuk dinding bata ekspos pada interior.

1. Batu bata biasa

Batu bata biasa

Bata biasa merupakan bata merah yang terbuat dari tanah liat dengan permukaan yang tidak rata dan warna yang tidak menentu. Batu bata jenis ini biasanya digunakan untuk membangun dinding dengan menggunakan campuran semen atau mortar yang berfungsi sebagai perekat. Bata ini bisa di plester dan diberi finishing cat namun juga terlihat cantik dan vintage dengan tampilan ekspos.

2. Batu bata muka

 batu bata muka

Jenis batu bata yang satu ini juga terbuat dari tanah liat seperti batu bata biasa, tapi memiliki permukaan yang lebih rapi serta memiliki warna dan ukuran yang lebih seragam. Bata muka atau bata ekspos dapat digunakan sebagai finishing dinding yang tampak estetis. Nmun, dibandingkan dengan bata merah biasa, harga bata muka atau bata ekspos ini memang sedikit lebih mahal.

3. Batu bata KWD

batu bata KWD

Batu bata KWD adalah jenis bata hias yang cukup laris digunakan. Batu bata KWD memiliki warna yang lebih soft dan agak pastel jika dibandingkan dengan bata biasa dan bata muka atau bata ekspos serta kesan ruangan yang terasa lebih tradisional dan old. Sama seperti sebelumnya, batu bata KWD juga terbuat dari tanah liat semi padat dengan tetap memperlihatkan tekstur asli dari bata. Walau teksturnya cukup kasar dan tidak sehalus bata campuran atau terakota, batu bata KWD ini pun juga lebih murah dan ekonomis tanpa mengurangi kesan alami bata yang artsy.

4. Batu bata campuran

batu bata campuran

Seperti namanya, batu bata campuran adalah batu bata yang proses pembuatannya adalah dengan mencampurkan pasir dan kapur dengan perbandingan 1:8. Batu bata campuran ini sekilas terlihat mirip batako dengan warna keabu-abuan dan ukuran yang lebih besar daripada batu bata biasa. Jenis batu bata ini lebih kokoh, kuat dan tidak mudah keropos sehingga sangat cocok digunakan pada dinding yang terendam air. Kekurangannya, batu bata ini terlihat kurang estetis dibandingkan interior dengan dinding bata jenis lainnya.

Demikian bagian pertama dari artikel ini. Baca artikel selanjutnya untuk melihat bagian kedua dan mengetahui lebih dalam mengenai 7 pilihan batu bata untuk dinding bata ekspos pada interior rumah. Jika Anda sedang mencari jasa interior, hubungi saja jasa Emporio Interior untuk interior rumah cantik.