21 April 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda pernah mendengar tentang gaya interior Japandi? Gaya interior yang satu ini sedang menjadi hot topic dan mulai booming di tahun 2020 karena perpaduan gaya khas barat dengan timur yang mampu nge-blend dengan indah. Saking trend-nya, gaya interior Japandi ini disebut-sebut sebagai gaya hidup esensial masa kini. Oleh karenanya, banyak orang mulai berlomba merenovasi interior rumah mereka dan mengubahnya menjadi gaya Japandi ini agar sesuai dengan gaya hidup masa kini. Tapi sebelum itu, sebenarnya apa sih itu gaya desain interior Japandi?

Kata Japandi sendiri merupakan gabungan dari kata Japanese dan Scandinavian. Gaya desain interior ini muncul untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai gaya hidup masyarakat modern sehingga mampu memunculkan rasa bahagia dari hal-hal yang sederhana, sehat dan seimbang. Seperti namanya, gaya interior Japandi terinspirasi dari gaya hidup masyarakat serta gaya interior Japanese serta Scandinavian. Gaya desain Japandi menitikberatkan keseimbangan dalam hidup yang dicapai dari kenyamanan hunian yang minimalis dan sederhana. Menjadikan gaya hidup masyarakat Jepang yang minimalis, eco-friendly dan sederhana hingga menimbulkan ketenangan jiwa dan keindahan sebagai referensi dasar lalu menggabungkannya dengan gaya skandinavian yang memegang teguh prinsip keseimbangan hidup untuk mencapai kebahagiaan menjadi poros atau landasan dari gaya Japandi ini.

Mengenal Gaya Desain Interior Japandi yang Sedang Booming di Tahun 2020

Mengenal Gaya Desain Interior Japandi yang Sedang Booming di Tahun 2020

Berkat perpaduan gaya Japanese dan Skandinavian dalam Japandi, menjadikan gaya Japandi sebagai wujud desain interior yang lebih sempurna karena mengoptimalkan kedua gaya tersebut. Tak sekedar menggabungkan tampilan gaya interior, tapi juga menggabungkan filosofi hisup wabi-sabi khas Jepang dengan filosofi lagom khas masyarakat Scandinavian.  Penggabungan gaya interior dan filosofi hidup wabi-sabi dari Jepang dan lagom dari Scandinavia dipercaya saling melengkapi satu sama lain, menuntun masyarakat modern menjalani kehidupan yang bahagia dan seimbang dengan mementingkan efisiensi dan fungsi serta meninggalkan hal-hal yang tidak berguna dan tidak perlu namun ajaibnya mampu menciptakan kehidupan yang indah dan berkualitas. Dalam hal ini, hal-hal yang dianggap tidak berguna dan tidak perlu adalah ornament serta aksesoris tanpa fungsi tertentu. Tak heran gaya ini pun populer di tahun 2020 karena dianggap mewakili gaya hidup masyarakat masa kini.

Karakterististik gaya interior Japandi:

  1. Perpaduan warna gelap dan cerah yang nge-blend
  2. Bernuansa alami dan eco-friendly
  3. Dominasi warna putih pada elemen ruang
  4. Penggunaan material kayu
  5. Permainan texture dan motif garis
  6. Sentuhan warna pastel yang kalem
  7. Minim ornamen atau hiasan tanpa fungsi
  8. Mengedepankan fungsionalitas dan kesederhanaan yang timeless

Demikian artikel Emporio Interior yang membahas mengenai gaya interior hasil perpaduan barat dan timur yaitu Japandi. Pada artikel selanjutnya, Emporio Interior akan mengulas lebih dalam mengenai cara mudah menghadirkan gaya Japandi pada interior ruangan di rumah Anda.