24 April 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sebelumnya, Emporio Interior pernah membahas mengenai gaya interior serta filosofi wabi-sabi asal negeri origami yang bikin interior hunian terasa alami. Wabi-sabi dari Jepang sama halnya dengan lagom dari Scandinavia merupakan filosofi hidup masyarakat setempat yang kemudian diangkat atau naik level menjadi trend gaya desain interior. Dalam hal ini, metode konmari gagasan Marie Kondo merupakan salah satu elemen penting yang masuk ke dalam wabi-sabi, terutama jika Anda menginginkan gaya interior ala Jepang di rumah Anda. Namun sebelum melangkah lebih jauh, sebenarnya apa sih itu “Metode Konmari” dan siapakah Marie Kondo? Lalu apa yang keunggulan dari metode konmari dibandingkan metode beberes rumah lainnya? Seberapa hebat sih pengaruh metode konmari pada interior rumah? Tenang, tak perlu terburu-buru. Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan mengulas hal ini secara lebih mendalam.

Metode Konmari merupakan suatu metode beberes rumah yang diciptakan oleh seorang wanita bernama Marie Condo. Marie Condo adalah penulis best-seller sekaligus konsultan ahli organizing dan decluttering terkenal asal Jepang. Marie Condo membahas idenya mengenai Metode Konmari dalam bukunya yang berjudul The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing dimana buku ini sangat terkenal di berbagai belahan dunia hingga ada komunitas khusus penganut metode konmari. Metode Konmari ini juga dinamai oleh publik sesuai dengan nama penemunya (KonMari = Kondo Marie). Metode Konmari menjadi trend dan mendunia karena tak hanya sekedar metode merapihkan rumah, tapi juga mampu merefleksikan diri, mewujudkan visi atau impian mengenai rumah idaman serta yang paling hebat adalah rumah dijamin rapi permanen. Wow, amazing!

Mengenal Metode Konmari ala Marie Kondo yang Bisa Sulap Interior Rumah Jadi Rapi Permanen

Percaya atau tidak, rumah dengan interior yang apik dan tertata rapi mampu membuat penghuninya merasa bahagia dan gembira. Kegemberiaan atau joy inilah yang menjadi kunci dari Metode Konmari, seperti yang disebutkan dalam slogan terkenal di bukunya yang bertuliskan “does it sparks joy?”. Pahami dan refleksikan diri terlebih dahulu pada hal-hal yang memunculkan kegembiraan sebelum mulai membereskan rumah sehingga interior rumah tampil rapi permanen. Bagi orang yang sudah membaca buku The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing dan memahami metode konmari, mungkin ada saja yang menganggap cara beberes rumah ini cukup ekstrem dan sangat “zen” khas Jepang. Tergantung bagaimana pemikiran masing-masing individu, nyatanya metode konmari  mendulang sukses dalam usaha membereskan rumah dan membuat tampilan interior rumah rapi permanen, terbukti metode konmari ini masih digunakan banyak orang sejak kemunculan perdananya di tahun 2011.

Artikel kali ini cukup membahas mengenai metode konmari dan Marie Kondo sebagai perkenalan awal. Pada artikel berikutnya, Emporio Interior akan membahas mengenai cara mengaplikasikan metode konmari pada interior rumah Anda. Stay tune!