18 Juni 2020  |  Umum
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan mengajak Anda semua untuk mengenal couch, perbedaan antara couch dengan sofa serta fakta menarik seputar couch. Pernahkan Anda mendengar kata couch? Dan tahukah Anda bahwa sofa dan couch itu berbeda? Mari kita bahas satu per satu mengenai couch dengan lebih terperinci.

Apa itu couch? Dan apa perbedaan couch dengan sofa?

Menurut Language 101, kata ‘couch’ sendiri berasal dari bahasa Prancis yakni ‘coucher’ yang berarti ‘to lie down’. Sehingga dengan terjemahan yang paling bebas, couch sendiri merupakan kursi yang lebih casual, lembut, empuk dan nyaman yang digunakan untuk berbaring dan bersantai. Couch juga disebut-sebut berasal dari kata ‘couche’ yang berarti ‘a piece of furniture with no arms used for lying’.

Berdasarkan penjelasan dan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa couch sedikit berbeda dengan sofa. Couch memiliki kesan yang kasual dan tidak se-formal sofa, oleh karena itu couch umumnya tidak memiliki sandaran tangan. Walaupun belakangan memang muncul couch dengan sandaran tangan dan bantalan punggung, namun ukurannya lebih kecil, lebih rendah, lebih empuk serta tidak se-kaku bantalan tangan dan sandaran punggung pada sofa. Di negara bagian barat sendiri, couch umumnya diletakkan di ruang keluarga serta kamar tidur maupun di area santai sedangkan sofa dihadirkan pada ruang tamu atau area lain yang bersifat formal.

Apa itu couch? Dan apa perbedaan couch dengan sofa?

Fakta menarik seputar couch

Pada hunian di negara bagian barat serta pada rumah bergaya modern kontemporer, setidaknya pasti ada satu couch. Hal ini dikarenakan couch identik dengan rasa nyaman dan relaksasi. Di Indonesia sendiri, penyebutan couch cukup jarang ditemui karena kata ini memang lebih umum digunakan di Amerika Utara, Australia dan New Zealand. Couch sendiri sangat popular pada masa dan kebudayaan Romawi serta Yunani bahkan dihadirkan di ruang makan dan diduduki oleh para pria di rumah, sedangkan para wanita duduk di kursi makan biasa. Dengan demikian, para pria dapat menikmati hidangan makanan sembari berbaring, bersantai dan bersosialisasi dengan para wanita.

Fakta menarik lainnya seputar couch dan sofa adalah perabot ini seringkali dijadikan tempat menyimpan uang cadangan karena bagian dalamnya yang cukup luas sebagai tempat penyimpanan. Sehingga tak mengherankan bila anak Anda menghilangkan 4 mainan dalam sebulan atau nbarang lainnya seperti kaus kaki, namun ternyata semua itu dapat ditemukan di bagian dasar couch. Tak hanya itu, pasangan yang memiliki couch di rumah juga menjadikan perabot yang satu ini sebagai tempat paling nyaman untuk bercumbu dan berpelukan, terhitung rata-rata dalam angka adalah 147 kali ciuman dan 172 pelukan yang dilakukan diatas couch dalam setahun saja. Hal ini membuktikan kenyamanan couch sehingga dijadikan tempat favorit dan menjadi jantung dalam rumah tinggal sehingga rata-rata orang menghabiskan 4 jam perhari hanya untuk rebahan di atas couch.

Nah demikian tadi artikel dari Emporio Interior mengenai couch, perbedaan antara couch dengan sofa serta fakta menarik seputar couch. Bagaimana menurut Anda? Sangat menarik dan menambah wawasan, bukan? Jika Anda berencana membangun rumah atau merenovasi interior rumah Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan sofa di ruang tamu dan couch di ruang keluarga serta di area santai. Jangan lupa untuk menggunakan jasa desain professional seperti Emporio Interior sebagai rekan desainer Anda. Bersama Emporio Interior, semua bisa diwujudkan.