09 Juli 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Ada baiknya memilih tudung lampu tidak hanya berdasarkan tampilan, style maupun bentuknya saja, tapi juga berdasarkan tujuan pencahayaan itu sendiri. Tudung lampu dengan bentuk dan desain tertentu mampu mengarahkan cahaya. Hal inilah yang perlu diperhatikan dengan baik saat mendesain dan mendekor interior rumah. Dengan permainan dan pengarahan cahaya dari tudung lampu, tampilan dan nuansa interior rumah dapat terlihat lebih wah dengan mewah. Berikut panduan memilih tudung lampu sesuai tujuan pencahayaan pada interior ala Emporio Interior.

1. Efek pencahayaan merata

Efek pencahayaan merata

Jika Anda ingin pencahayaan pada ruangan tersebar merata, maka gunakanlah tudung lampu yang menyelubungi lampu, misalnya tudung lampu berbentuk bulat. Dengan demikian, pencahayaan pada lampu tersebut dapat tersebar merata ke seluruh arah dengan penerangan yang temaram.

2. Mengarahkan pencahayaan ke bawah

Mengarahkan pencahayaan ke bawah

Jika Anda menginginkan pencahayaan yang mengarah ke bawah, maka gunakanlah tudung lampu yang terbuka cukup luas di bagian bawahnya, misalnya yang berbentuk setengah lingkaran, tabung atau kotak namun dengan bagian bawah yang terbuka. Pengaturan seperti ini cocok dihadirkan pada ruang makan yaitu dengan menjejerkan lampu bertudung di sepanjang meja makan.

3. Unik dengan pencahayaan ke arah atas

Walau sangat jarang digunakan karena kurang fungsional dan hanya berfungsi sebagai estetika, tudung dengan bagian atas terbuka mampu mengarahkan cahaya arah atas. Pengaturan cahaya seperti umumnya digunakan bila ada suatu objek di bagian atas yang ingin ditonjolkan.

4. Pengaturan cahaya multi-fungsi

Pengaturan cahaya multi-fungsi

Jika Anda menginginkan pengaturan cahaya yang dapat berfungsi sebagai estetika, menghadirkan suasana mewah pada interior sekaligus sebagai penerangan untuk aktivitas atau objek tertentu, maka gunakan tudung lampu berbentuk kotak yang terbuka di bagian atas dan bawahnya.

5. Fokus pada satu objek

Fokus pada satu objek

Jika Anda ingin memamerkan objek tertentu seperti vas atau guci, maka gunakan lampu dengan tudung slim berbentuk tabung atau oval dengan bukaan ke arah bawah. Tudung lampu dengan bukaan berdiameter kecil cocok untuk menyoroti satu objek yang berada di bagian bawahnya.

6. Penerangan untuk aktivitas dan tempat tertentu

Penerangan untuk aktivitas dan tempat tertentu

Jika Anda memiliki kebiasaan membaca di kasur atau sofa tertentu, maka selubungi lampu dekat spot tersebut dengan tudung lampu yang membuka dan melebar di bagian bawah. Tudung lampu jenis ini sangat cocok digunakan sebagai lampu tidur atau lampu belajar karena bagian bawah yang melebar mampu mengarahkan & menyebar cahaya dengan tingkat silau yang minimal.

7. Highlight

Highlight

Jika Anda ingin mengarahkan pencahayaan pada accent wall, lukisan atau gallery photo, maka gunakan tudung lampu yang miring dengan sudut tertentu agar cahayanya menyoroti objek yang diinginkan. Alternatif lainnya, Anda juga bisa menggunakan lampu sorot.

Demikian artikel mengenai panduan memilih tudung lampu sesuai tujuan pencahayaan pada interior ala Emporio Interior. Sangat penting untuk mengarahkan cahaya dengan tudung lampu sesuai tujuan yang diinginkan sehingga keberadaan lampu dan tudungnya lebih fungsional. Jika Anda membutuhkan sentuhan tangan desainer professional untuk mengubah tampilan interior rumah, maka percayakan saja dengan jasa Emporio Interior. With Emporio Interior, level-up the looks of your home- interior.