27 Mei 2020  |  Desain Interior
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Sebagai orangtua, Anda pastinya ingin anak, pasangan dan orangtua Anda senantiasa sehat, bukan? Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan rumah yang sehat. Selain berbagai kiat rumah sehat berupa banyaknya bukaan dan hal lain seperti yang pernah dibocorkan oleh Emporio Interior pada artikel sebelumnya, tata layouting furnitur ternyata juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan. Kok bisa? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui hal yang perlu diperhatikan sebelum menata interior ruang keluarga demi kesehatan keluarga Anda.

  1. Layouting dan jarak sofa

Tahukah Anda bahwa layouting serta jarak sofa yang salah dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti cacat mata minus atau silinder? Oleh karenanya, perhatikanlah layouting sofa serta jarak dari sofa ke televisi. Untuk menentukan jarak ideal antara sofa dengan TV, maka hitunglah dengan 5x ukuran TV. Contohnya, jika TV Anda berukuran 29 inch, maka jarak sofa yang ideal adalah 29 inch x 5 yaitu 145 inch atau 3,7 meter. Dengan demikian, semakin besar ukuran TV, maka semakin jauh juga jarak menontonnya. Tak hanya itu, aturlah sofa agar berada tepat di depan jarak pandang TV (bukan di samping TV) sehingga anggota keluarga Anda tidak menonton TV dengan posisi miring yang dapat menyebabkan cacat mata silindris.

  1. Pilihan bentuk dan desain sofa

Pilihan bentuk serta model desain sofa ternyata juga dapat mempengaruhi kesehatan karena jika salah memilih sofa, akibatnya postur tubuh bisa menjadi bungkuk atau miring/bengkok. Oleh karenanya, gunakan sofa yang nyaman dan empuk dengan sandaran punggung yang pas hingga ke kepala. Dengan demikian, anggota keluarga Anda dapat menonton TV dengan nyaman dalam postur duduk yang ideal. Bayangkan jika sofa yang Anda miliki tidak nyaman serta bersandaran rendah, besar kemungkinan anggota keluarga yang menonton TV membungkukkan atau memiringkan punggung demi menemukan posisi nyaman yang berujung rusaknya postur tubuh.

  1. Pencahayaan

Masih seputar kesehatan, ruang keluarga menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga dimana umumnya terdapat televisi sebagai point of interest. Oleh karena itu, pastikan ruangan ini memiliki penerangan yang baik agar anggota keluarga tidak sakit mata jika menonton TV di dalam ruangan yang gelap atau remang-remang. Untuk penerangan yang baik di siang hari, Anda dapat memanfaatkan cahaya matahari sehingga perlu adanya bukaan seperti jendela berukuran besar. Sedangkan untuk penerangan di malam hari, gunakanlah lampu sebagai pencahayaan buatan dengan jenis ambient light serta accent light di ruang keluarga.

Demikian ulasan Emporio Interior mengenai tata interior ruang keluarga pada rumah sehat. Banyak sekali orang yang asal menata ruang keluarga karena berbagai sebab, sehingga seringkali mengabaikan berbagai aturan diatas. “Wah, ruangan ini kayaknya cocok dijadikan ruang keluarga nih, biarpun sempit, yang penting kalau TV nya besar pasti nyaman deh,” hayoo~ ngaku deh, apakah Anda juga pernah berfikir seperti itu?  Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan tak ternilai harganya. Oleh karena itu, jagalah kesehatan Anda sekeluarga. Jangan sampai niat baik menyenangkan keluarga dengan membelikan TV super besar di ruang keluarga justru menjadi boomerang dan membuat anggota keluarga Anda sakit karena minimnya pengetahuan tentang jarak sofa dan lain sebagainya. Setelah membaca artikel ini, mari coba hitung ukuran TV dan jarak sofa di rumah Anda, apakah sudah sesuai dengan tips dari Emporio Interior atau belum. Selamat berhitung dan menata ulang interior ruang keluarga Anda. Jika Anda membutuhkan tenaga professional untuk melakukannya, jangan ragu untuk menghubungi jasa desain terbaik yaitu Emporio Interior.