16 Mei 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda merasa kebingungan saat menata artwork berupa photo gallery di dinding agar tampilan interior rumah Anda tampak lebih elegan dan stylish? Pada artikel kali ini, Emporio Interior akan memberi sedikit tips dan petunjuk cara menata photo gallery pada dinding agar interior rumah tampak stylish dan elegan. Baca petunjuknya di bawah ini.

1. Menyesuaikan ketinggian

Menyesuaikan ketinggian

Saat menata artwork berupa photo gallery atau lukisan, Anda perlu pintar-pintar dalam menyesuaikan ketinggian artwork tersebut dengan meja, kursi atau sofa. Saat Anda meletakkan sebuah artwork diatas sebuah furnitur, entah itu meja, kursi, kasur atau sofa, maka artwork tersebut perlu digantung setinggi 6-8 inch dari permukaan furnitur yang tampak kosong. Alternatif lainnya bila artwork digantung pada dinding tanpa furnitur dibawahnya, maka bagian tengah dari artwork tersebut harus digantung setinggi 57-60 inch dari permukaan lantai.

2. Menyesuaikan jarak

Menyesuaikan jarak

Antara satu artwork dengan lainnya perlu pengaturan jarak sedemikian rupa sehingga tidak tampak canggung. Oleh karenanya, jika Anda ingin menggantung lebih dari satu pajangan, maka aturlah agar jaraknya selebar 3-4 inch antara satu dengan lainnya serta mengisi 2/3 dari lebar furnitur. Oleh karenanya, gantunglah 2-3 artwork berukuran cukup besar atau banyak artwork berukuran kecil dengan jarak yang sesuai.

3. Menyesuaikan perletakan

 menyesuaikan perletakan

Terakhir, Anda juga dapat memainkan perletakan artwork. Artwork dengan jumlah yang banyak seperti photo gallery memiliki teknik penataan tersendiri sehingga tampil elegan, stylish dan artsy. Ada banyak sekali teknik perletakan photo gallery, diantaranya adalah square blocks, centered, checkered, tetris, spiral, mix and match, on a shelf, chefron hingga along a line. Untuk mewujudkannya, tentunya Anda harus memiliki banyak pajangan dengan berbagai bentuk dan ukuran frame. Tiap photo gallery juga perlu memiliki tema dan color palette yang senada.

Demikian petunjuk cara menata artwork pada dinding rumah agar interior tampak stylish dan elegan. Jika Anda ingin melakukan konsultasi dan memesan jasa desain interior professionadal dan handal, maka jangan ragu untuk menghubungi pihak Emporio Interior.