31 Maret 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda memiliki rumah minimalis yang terletak di lahan hook? Atau apakah Anda memiliki rumah minimalis 2 lantai yang terletak di perumahan? Jika ya, maka Anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Rumah yang terletak di lahan hook tentunya memiliki keunggulan tersendiri. Letaknya yang berada di ujung (persimpangan jalan) menjadikan rumah yang terletak di lahan hook mendapatkan 2 akses arah masuknya cahaya dan udara alami. Tak hanya itu, rumah yang terletak di lahan hook juga memiliki 2 tampilan fasad dan dapat memiliki lebih banyak bukaan dibanding rumah lainnya. Secara arsitektur, rumah di lahan hook jauh lebih estetik, ekonomis, fungsional dan lebih sehat. Hal itu berlaku baik pada rumah mewah yang terletak di lahan hook maupun di rumah minimalis.  Bedanya, rumah minimalis membutuhkan usaha dan kecermatan lebih dalam menata interior dan furniturenya. Jika salah, justru membuat rumah terasa sempit dan sesak. Untuk itulah, pada artikel kali ini Emporio Interior akan berbagi teknik menata furniture rumah minimalis 2 lantai agar interior tampak mewah dan berkelas. Teknik ini juga diaplikasikan pada  rumah 2 lantai tipe 75 m2 di perumahan The Wimala by Gemintang Land di Tangerang Selatan, Banten karya Emporio.

TIPE (HOOK) 75/60

Ukuran Tanah : 5 m x 12 m

Luas Bangunan : 75 m2

Jumlah Kamar Tidur : 3

Jumlah Kamar Mandi : 2

Jumlah Powder Room/Toilet Tamu : -

Jumlah Maid Room : -

Jumlah Mobil yang bisa ditampung : 2 (carport)

Jumlah Lantai : 2

desain interior

Berikut teknik menata furniture rumah minimalis 2 lantai  agar interior tampak mewah dan berkelas.

  1. Beri lampu gantung dengan penataan cahaya yang baik

Untuk mewujudkan interior rumah minimalis agar terkesan mewah, maka Anda perlu meniru elemen-elemen yang biasa terdapat pada rumah mewah. Salah satunya adalah lampu gantung. Tak hanya itu, buatlah gypsum dengan teknik up-ceiling berhiaskan permainan cahaya lampu berwarna kuning/orange atau warm white. Anda akan kaget melihat perubahan drastis dan kemewahan yang muncul hanya dengan memperhatikan penataan dan permainan cahaya lampu.

  1. Perbanyak bukaan dengan ukuran yang besar

Salah satu cara mewujudkan rumah agar terasa luas, nyaman serta sehat adalah dengan memperbanyak bukaan, lebih baik lagi bila berukuran besar. Ini merupakan keuntungan yang dimiliki rumah di lahan hook karena mampu menangkap pencahayaan dan penghawaan alami dengan lebih baik.

  1. Dominasi warna netral dan putih pada interior

Cara mudah agar rumah minimalis tampak luas, lega sekaligus mewah adalah dengan dominasi warna netral dan putih pada interiornya. Cara sederhana ini mmapu membuat ruangan terasa lebih indah karena penggunaan warna-warna yang ‘ringan’, sangat cocok pada rumah mungil maupun rumah mewah.

  1. Elemen cermin pada interior untuk kesan luas

Beri elemen cermin pada interior rumah. Cermin yang memanjang vertikal membuat ruangan terasa tinggi dan megah sedangkan cermin yang memanjang horizontal menampilkan ilusi ruang yang lebih luas dan panjang. Anda dapat meletakkan cermin ini pada salah satu sisi dinding maupun pada pintu dan lemari.

  1. Dapur dengan mini pantry yang memberi kesan mewah

Siapa bilang rumah minimalis tidak bisa memiliki mini pantry? Tentu saja bisa, terutama bila Anda ingin menghadirkan suasana interior yang berkesan mewah. Buatlah mini pantry dengan look yang terasa seperti mini bar dengan beberapa kursi yang tinggi sebagai tempat makan keluarga.

  1. Hias interior dengan tanaman dalam pot

Jangan lupa untuk menghias interior ruangan dengan tanaman dalam pot. Baik itu tanaman dalam pot di sudut ruangan, vas bunga maupun tanaman gantung, hadirkan saja dalam ruangan dan tata dengan apik. Warna hijau dan keindahan tanaman serta bunga mampu menghidupkan ruangan sehingga terasa lebih fresh, nyaman dan berkelas.

  1. Hadirkan reading nook dan karpet untuk rumah yang cozy

Untuk rumah minimalis di lahan hook yang memiliki banyak bukaan seperti jendela, manfaatkan hal itu dengan baik! Hadirkan reading nook dekat jendela serta beri karpet pada ruangan tertentu seperti kamar tidur dan ruang keluarga untuk menambahkan kenyamanan. Keberadaan sofa empuk pada reading nook, karpet, view di luar jendela serta keberadaan buku bacaan tentunya membuat rumah terasa nyaman. Bukankah kenyamanan merupakan hal yang sangat berharga dan memiliki nilai yang mewah?

desain interior

Demikian tadi artikel dari Emporio Interior mengenai teknik menata furniture rumah minimalis 2 lantai agar interiornya tampak mewah dan berkelas. Karena keterbatasan lahan di ibukota dan semakin meningkatnya harga, semakin lama pastinya lahan dan tempat tinggal makin sulit dicari. Tak heran banyak yang memilih untuk tinggal di perumahan minimalis dengan luasan bangunan yang terbilang minim dan mungil. Namun jika Anda pandai menata interior, maka rumah minimalis yang mungil dan sempit pun dapat terasa luas, myaman dan terlihat mewah. Cukup gunakan jasa interior desainer dari Emporio Interior untuk merancang interior di rumah Anda. Kenyamanan mahal harganya karena berpengaruh pada kualitas hidup Anda, oleh sebab itu janganlah terlalu perhitungan jika hal itu memang demi kenyamanan dan kualitas hidup keluarga. Bersama Emporio Interior, ubah rumah mungil dan minimalis sehingga terasa nyaman dan mewah bagai istana sendiri.