31 Maret 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apa yang Anda lakukan beberapa minggu belakangan ini? Apa rencana Anda untuk menghabiskan waktu di rumah selama wabah COVID-19 di Indonesia selama beberapa minggu ke depan? Ya, dengan merebaknya wabah COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan sebutan virus corona di Indonesia, seluruh masyarakat Indonesia hingga pemerintah pun dibuat pusing dan khawatir. Dengan semakin bertambahnya jumlah pasien positif corona di Indonesia tiap harinya, tak diragukan lagi opsi lockdown cepat atau lambat akan berjalan. Saat ini pun, sejumlah wilayah secara mandiri telah memberlakukan lockdown. Slogan-slogan seperti ‘dirumah saja’, ‘self-isolation’ maupun ‘social distancing’ juga makin sering terdengar dan diketahui khalayak ramai, menyerukan sekaligus menghimbau masyarakat agar tetap berdiam diri di rumah dan menjauhi kerumunan serta tempat umum sehingga terhindar dari penularan virus corona yang mematikan ini. Meniru dari warga Wuhan, adanya lockdown, self-isolation, social distancing serta berdiam diri di rumah saja dinilai cukup efektif untuk menekan jumlah orang yang positif corona sekaligus melindungi diri dan keluarga dari virus tersebut.

desain interior

Saat melakukan hal-hal seperti self-isolation, social distancing serta berdiam diri di rumah saja, hal yang paling sering terjadi adalah munculnya rasa jenuh dan bosan. Hal ini memang cukup wajar terjadi, terutama bagi orang yang suka bersosialisasi dan cenderung ekstrovert. Jika didiamkan lebih lama, kondisi mental atau psikis dapat terganggu sehingga berujung timbulnya rasa depresi. Hal ini tentunya tidak bisa dianggap remeh, terlebih masa lockdown hingga wabah COVID-19 berakhir sepenuhnya tidak dapat diprediksi walau pemerintah Indonesia sendiri sudah memperpanjang masa darurat corona hingga 29 Mei 2020.

Bagi Anda yang termasuk golongan ekstrovert dan suka bersosialisasi serta sudah mulai merasa jenuh karena harus diam dirumah saja, berikut ada tips dari Emporio Interior untuk membuat masa karantina tak membosankan dan justru merasa nyaman dan betah di rumah aja.

  1. Lakukan apa yang menjadi passion dan hobbymu – entah itu membaca, menonton, bermain game, melukis, bahkan rebahan.
  2. Gali bakat dan hobby baru – seperti memasak, menggambar, merender, menari, dan lainnya.
  3. Manfaatkan momen ‘di rumah aja’ untuk mendekatkan diri dengan seluruh anggota keluarga.
  4. Gunakan teknologi untuk berkomunikasi dengan teman dan gebetan – bisa lewat skype, videocall hingga telegram.
  5. Lakukan aktivitas menarik dengan memanfaatkan segala fasilitas hiburan di rumah – jangan sampai kolam renang, piano, meja billiard, hingga rooftop di rumahmu hanya menjadi pajangan.
  6. Rumah Anda tidak memiliki fasilitas hiburan? Maka ciptakanlah! – gunakan jasa Emporio Architect untuk merancang rumah maupun jasa Emporio Interior untuk merancang interiornya.
  7. Ganti gaya dan nuansa interior di dalam rumah – jangan itu-itu mulu deh, nanti bosan lho.
  8. Gunakan jasa Emporio Interior untuk hasil desain yang maksimal dan berestetika.

desain interior

Kalau sedari awal rumahmu terasa nyaman, work from home maupun ‘dirumah aja’ tentunya tidak akan menjadi beban. Apalagi jika rumahmu sudah dilengkapi dengan fasilitas hiburan seperti taman, kolam renang, jacuzzi, mini bar, home theater, area berjemur, gazebo, ruang karaoke, ruang bermain, gym area, moondeck dan lain sebagainya. Jika sudah demikian, maka yang perlu dilakukan cukup mengganti tampilan interior rumah menggunakan jasa Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, masa karantina tak lagi membosankan jika desain dan tampilan interior rumah terasa nyaman dan menyenangkan. Jika sudah demikian, maka istilah home sweet home sudah bukan sekadar tulisan tapi memiliki makna lebih yang akan selalu dirasakan dan dirindukan.