11 Februari 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Apakah Anda pernah merasa kecewa setelah mengecat suatu ruangan di rumah Anda? Mungkin hal itu dikarenakan pengaplikasian warna cat yang kurang tepat. Kenyataannya, perlu pertimbangan yang matang saat memilih warna cat dinding. Hal itu dikarenakan warna cat akan bertahan lama pada ruangan dan turut berperan dalam mengubah mood ruang.

Berikut adalah tips mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan warna cat suatu ruangan.

1. Pahami karakteristik, arti dan nuansa yang diwakilkan oleh tiap warna.

Tiap warna memiliki karakteristik, arti dan nuansa tersendiri. Hal tersebut tentunya mempengaruhi mood ruang. Contohnya, cat warna putih melambangkan kesucian, kesederhanaan, berkarakter netral dan terkesan clean. Berbeda lagi dengan warna kuning yang bernuansa ceria, terang, serta mampu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Dengan memahami karakteristik, arti dan nuansa yang diwakilkan oleh tiap warna tentunya akan membantu mempersempit pilihan warna sesuai tema dan fungsi ruang.

2. Cari dan perbanyak referensi desain dan warna cat dinding melalui tabloid, internet, dll.

Untuk menambah wawasan dan lebih memahami mengenai warna, maka cari dan perbanyak referensi desain dan warna cat dinding melalui tabloid, internet, dan lain-lain. Hal ini akan memudahkan kamu menemukan inspirasi dalam memilih warna cat, perpaduan atau kombinasi warna yang cocok, dan lain sebagainya. Dengan demikian, interior ruangan dapat tampil lebih modis, berestetika dan tidak monoton.

3. Sesuaikan warna cat dinding dengan fungsi ruangan atau kesan yang ingin ditampilkan.

Selain memiliki karakter dan arti masing-masing tiap warna juga memiliki kesan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan fungsi ruang. Misalnya, warna putih pada interior dapur membuat ruangan terkesan clean. Pilihan warna juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter Anda. Misalkan Anda adalah tipe orang yang malas bersih-bersih namun ingin memiliki kamar mandi bernuansa sedikit maskulin dan elegan, maka Anda dapat mengaplikasikan warna gelap seperti hitam doff pada kamar mandi.

4. Gunakan warna netral di ruang komunal.

Pada hunian, ruangan seperti ruang keluarga, ruang tamu, ruang makan, dan dapur merupakan ruang komunal sehingga sebaiknya menggunakan warna netral seperti putih, krem, cokelat, abu-abu dan hitam. Hal ini dikarenakan warna netral merupakan warna yang ‘aman dan netral’ sehingga cocok digunakan pada ruangan yang didiami banyak orang dengan kepribadian dan selera masing-masing. Coba bayangkan ruang komunal di rumah Anda memiliki cat dinding berwarna merah, pasti akan terasa sangat menyebalkan dan mengganggu bagi tamu yang tidak menyukai warna merah, bukan?

5. Monochrome for aesthetic interior.

Penggunaan warna monokrom pada interior dijamin mampu mempercantik ruang. Tak hanya itu, warna monokrom juga tidak membosankan dan mampu meng-upgrade nilai estetika suatu ruangan. Dengan menggunakan warna monokrom pada interior, maka ruangan Anda tidak akan pernah terasa janggal dan salah warna.

Wah, menarik bukan? Ternyata, warna cat dinding juga memiliki peranan yang cukup vital dalam membentuk mood dan nuansa ruangan. Jika Anda pernah merasa kecewa dan janggal dengan interior ruangan di rumah Anda, maka mungkin saja penyebabnya adalah warna cat dinding yang kurang tepat. Solusinya, Anda bisa melakukan renovasi sederhana dengan mengubah warna cat dinding dengan mengikuti tips diatas atau dengan mendekor ulang interior Anda. Emporio Architect kini hadir dengan divisi interior dilengkapi dengan interior designer terbaik, yaitu Emporio Interior yang siap melayani jasa desain interior di seluruh Indonesia. Jika Anda adalah orang yang memiliki selera tinggi dan ingin mendekor interior di rumah Anda, maka jangan ragu untuk menggunakan jasa Emporio Interior. Bersama Emporio Interior, upgrade interior dan kualitas hidup Anda.