11 Februari 2020  |  Tips dan Trik
Oleh : Fairus Rizki Nurrahmawati, S.Ars

Pencahayaan buatan atau lighting pada interior ruang merupakan hal yang sangat mempengaruhi suasana secara keseluruhan dalam ruangan. Lighting mampu memperindah interior ruang jika di tata dengan perletakan dan warna yang tepat. Apabila Anda ingin mempercantik ruangan dengan suasana yang berbeda menggunakan pengaturan pencahayaan buatan yang menarik, disini akan kami bahas beberapa tips merancang lighting pada interior ruangan ala Emporio Interior.

1. Merancang Drop Ceiling

Merancang Drop Ceiling

Ceiling atau langit-langit ruangan dapat dirancang dengan ketinggian yang berbeda. Selisih dari ketinggian ceiling ini disebut drop ceiling yang dapat dimanfaatkan untuk menempatkan lampu LED strip.

Merancang Drop Ceiling

Menyembunyikan lampu di dalam drop ceiling berguna agar cahaya tidak memancar langsung ke ruangan sehingga pencahayaan yang didapat pun lebih tenang dan soft. Perletakan lighting seperti ini cocok untuk kamar tidur karena mampu memberikan kesan ruang yang lebih tenang dan hangat dengan pencahayaan berwarna warm white.

2. Menempatkan Lighting pada Furniture

Menempatkan Lighting pada Furniture

Agar memiliki fungsi tambahan serta menambah nilai estetika maka pada furniture dapat ditambahkan lighting. Misalnya dengan merancang headboard tempat tidur menjadi sumber cahaya dengan intensitas kecil yang memberikan kenyamanan saat beristirahat. Dengan demikian, maka Anda tidak perlu membeli lampu tidur dan meja nakas. Perletakan pencahayaan seperti ini cocok digunakan pada interior yang menerapkan konsep minimalis.

Menempatkan Lighting pada Furniture

Selain itu pada cabinet kitchen juga dapat dirancang dengan penambahan lighting yang selain menambah keindahan juga dapat membantu memberikan penerangan ketika memasak. Furniture lainnya yang cocok diberi penerangan buatan adalah cermin. Cermin dengan penerangan yang menyelubunginya sangat cocok ditempatkan pada walk-in-closet, powder room serta kamar mandi.

3. Menempatkan Lighting pada Dinding

Menempatkan Lighting pada Dinding

Merancang dinding yang umumnya datar dan polos agar terlihat lebih keren dapat dilakukan dengan memberikan sentuhan pencahayaan buatan. Pada dinding dapat ditambahkan backdrop dengan perbedaan ketebalan dan menempatkan lampu LED strip pada selisih ketebalan tersebut. Dengan menggunakan teknik ini, maka interior ruangan Anda secara otomatis terlihat lebih mewah.

Menempatkan Lighting pada Dinding

Penggunaan material plat logam maupun material lainnya dengan teknik laser cut juga kerap digunakan sebagai penutup dinding maupun partisi. Material ini akan dibuat berbentuk kubus dan menyisakan ruang kosong dibagian dalamnya yang dapat ditambahkan lampu LED strip sehingga dinding terlihat menghasilkan cahaya dari dalam. Dengan demikian, interior ruang Anda terkesan lebih mewah dan luxury bagaikan interior kamar hotel berbintang lima.

Selain tiga tips perletakan pencahayaan buatan diatas, terdapat tempat-tempat lainnya yang dapat dikreasikan dan diberi lampu sehingga memunculkan efek lighting yang menawan. Salah satunya adalah dengan menempatkan pencahayaan buatan di lantai seperti pada anak tangga. Keberadaan lighting mampu memberi pengaruh yang signifikan pada interior ruangan sehingga perlu mendapat perhatian lebih. Namun tentunya diperlukan tenaga ahli yang paham mengenai hal ini yaitu interior designer. Berbeda dengan seorang teknisi lampu, interior designer memahami bagaimana perletakan, bentuk serta warna lampu mempengaruhi nuansa interior ruang. Emporio Interior kini hadir di tengah-tengah Anda untuk mewujudkan interior ruangan impian Anda. Bersama sekumpulan interior designer terbaik di Indonesia, Emporio Interior siap melayani Anda dan menerima jasa desain interior di seluruh Indonesia.